Sistem Otot Anjing: Klasifikasi dan Hubungan Anatomi

Sistem otot anjing

Sistem otot anjing terdiri dari berbagai otot dan elemen pengikatnya. Otot-otot ini terletak di permukaan tubuh yang menempel pada tulang dan persendian, dan secara internal membentuk bagian penting dari organ dan jaringan.

Seperti pada spesies vertebrata lainnya, otot dapat diklasifikasikan menurut penampilan, lokasi, dan fungsinya.

Kami akan meninjau komponen utama sistem otot anjing dan hubungan anatomis dan fungsionalnya yang berbeda.

sel otot

Sel otot dewasa, yang disebut miosit, adalah unit anatomis dan fungsional dari sistem otot anjing dan mamalia lainnya.

Miosit adalah sel yang mampu merespons rangsangan listrik dari sistem saraf (rangsangan) dengan memodifikasi panjangnya (kontraksi). Itu juga bisa membesar, nanti kembali ke ukuran aslinya.

Di dalam (sitoplasma) ia memiliki sejumlah besar filamen protein aktin dan miosin, yang pada gilirannya merupakan unit mikroskopis yang bertanggung jawab untuk kontraksi otot.

Komposisi otot

Menurut komposisi histologisnya, penampilan jaringan makroskopis dan mikroskopis, komponen sistem otot anjing dapat diklasifikasikan sebagai halus dan lurik.

Otot polos didistribusikan ke seluruh tubuh, membentuk bagian penting dari struktur internal (jeroan dan pembuluh darah).

Mereka memiliki sel gelendong yang penampilannya halus, karena susunan dan jumlah filamen yang sedikit dibandingkan dengan jenis otot lainnya.

Otot lurik sesuai dengan kerangka, otot mata, lidah, dan lurik jantung.

Dalam struktur ini, sel otot menjadi agak lebih memanjang (dengan panjang dan kontur bervariasi), dikenali sebagai 'serat' otot.

Di dalam serat otot, filamen protein yang berbeda dikelompokkan bersama untuk membentuk unit mikroskopis yang disebut miofibril. Pada gilirannya, di setiap miofibril, filamen disusun secara berurutan dengan batas-batas segmen yang berdiferensiasi baik yang disebut sarkomer. Sarkomer ini mewakili unit kontraktil sel, dan bertanggung jawab atas penampilan luriknya.

Otot rangka dari sistem otot anjing

Di dalam sistem otot anjing, komponen kerangka mewakili persentase terbesar.

Otot superfisial kerangka menentukan konformasi eksternal hewan, yang penampilan dan ukurannya dapat sangat bervariasi tergantung pada rasnya [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *