Sistem pencernaan ikan

Sistem Pencernaan Ikan
Sharon High School/CC BY-SA 3.0

Sistem pencernaan ikan bertugas mengurai makanan (katabolisme) menjadi komponen-komponen yang dapat digunakan untuk membangun jaringan baru (anabolisme). Sistem pencernaan ikan memiliki bukaan dan jalan keluar, serta banyak organ dan struktur yang mungkin ada atau tidak ada pada setiap spesies ikan.

Mulut

Pada sistem pencernaan ikan, mulut merupakan rongga tempat masuknya makanan ke dalam tubuh ikan. Rahang organisme ini menunjukkan variabilitas yang besar sebagai akibat dari cara hidup dan lingkungan yang berbeda di mana masing-masing spesies telah berkembang.

Lidah ikan adalah struktur yang cukup sederhana, hanya berupa permukaan yang tebal, kasar, dan tidak bergerak di rahang bawah. Hal ini tidak diperlukan dalam penanganan makanan karena ditangani melalui kontrol arus air dan posisi gigi. Pada hiu dan pari, lidah memperoleh sedikit lebih banyak gerakan. Pada hagfish dan lamprey, struktur ini memiliki gigi dan cukup bergerak.

Yang sangat penting dalam sistem pencernaan ikan adalah mereka yang mungkin memiliki gigi di bagian depan mulut dan di sepanjang rahang, serta di faring dan lidah. Gigi elasmobranch hanya terdapat di dalam gingiva, tetapi tidak melekat pada tubuh tulang rawan yang menopang mandibula. Pada ikan bertulang mungkin ada kasus di mana gigi tidak melekat pada rahang atau, seperti dalam kebanyakan kasus, struktur ini melekat pada jaringan fibrosa atau tulang rahang. Pada banyak spesies ikan, serta hiu dan pari, giginya adalah polyphyodont, yang artinya terus diganti saat hilang.

Faring dan Esofagus

Di sebelah mulut adalah faring, yang merupakan kelanjutan dari saluran pencernaan yang dimulai di ujung mulut. Ini adalah celah insang melalui mana air diangkut dari saluran pencernaan ke insang. Struktur ini ditutupi dengan jaringan skuamosa. Dalam sistem pencernaan ikan, kerongkongan adalah tabung berotot yang mengikuti faring dan mengarah ke perut. Ini terdiri dari dua lapisan otot non-lurik, salah satunya memanjang dan yang lainnya melingkar.

Perut

Perut ikan tidak terdiferensiasi dengan baik seperti pada vertebrata lain dan dalam banyak kasus bahkan dapat dianggap tidak ada [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *