Sotong raksasa Australia, Sepia apama, dan mimikrinya

Sotong raksasa Australia, Sepia apama

Kami memperkenalkan Anda pada sotong raksasa Australia , dengan nama ilmiah Sepia apama , moluska invertebrata yang termasuk dalam kelas cephalopoda dan ordo Sepiida.

Gambaran fisik apama Sotong

Tubuhnya kekar, di mana 10 pelengkap dapat dilihat, 8 di antaranya adalah lengan pendek dan dua tentakel bergerak. Matanya besar dan berkembang dengan baik dan kulitnya kecoklatan. Beberapa bintik pucat menyebar ke seluruh tubuh.

Membentang di sisi tubuh menghadirkan dua sirip. Sirip ini memiliki fungsi untuk memungkinkan mobilitas yang lebih baik, oleh karena itu sangat baik untuk berenang. Sotong raksasa dapat berbaur dengan lingkungannya berkat kromatofornya, yaitu sel pigmen yang berguna untuk mengubah penampilannya.

Habitat Sotong Raksasa

Mereka hidup di perairan asin yang suhunya tidak terlalu dingin (tropis). Terumbu karang (kami menyarankan informasi tentang terumbu karang), terumbu berbatu, padang rumput dengan rumput laut atau alga yang melimpah, serta tempat berlumpur, bahkan yang berpasir, merupakan tempat yang ideal untuk sotong raksasa. Mereka tinggal sekitar 100 m di bawah air, di daerah di mana sinar matahari berlimpah dan menerangi lingkungan mereka.

reproduksi dan perkembangan

Sistem perkawinan bersifat poligini dan konsentrasi terjadi selama musim reproduksi. Wanita lebih suka memilih pria berdasarkan berbagai faktor atau standar. Laki-laki dominan biasanya menggunakan kromatofor untuk mengubah warna kulit mereka beberapa kali dan dengan demikian menarik perhatian perempuan. Dalam kasus pejantan yang lebih lemah atau kurang dominan, mereka mencoba memadukan kulit mereka dengan betina untuk mendekati mereka dan kawin ketika mereka tidak sadar.

Pemupukan sotong raksasa terjadi secara internal. Jantan menyimpan spermatofor di rongga reseptor betina. Setiap betina dapat dibuahi oleh banyak jantan. Selama musim reproduksi, betina tidak makan makanan apapun dan mati setelah bertelur.

Waktu penetasan rata-rata adalah 5 bulan dan keturunannya berkisar antara 100 individu atau lebih. Meskipun usia kedewasaan dicapai pada satu tahun kehidupan, kenyataannya dua siklus hidup alternatif telah dilaporkan untuk sotong. Yang pertama berlangsung di musim panas [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *