Scutigera coleoptrata, kelabang rumah menakutkan


Scutigera coleoptrata adalah chilopod berukuran sedang, anggota keluarga taksonomi Scutigeridae, yang pada gilirannya diklasifikasikan dalam tepi arthropoda. Penampilannya sangat mencolok, bahkan menakutkan, karena banyaknya anggota badan atau kaki yang dimilikinya, selain cara bergeraknya.

Cutigeriforms biasanya tinggal di dalam rumah dan bertemu dengan manusia bisa sangat menyakitkan karena "kelabang" kecil ini beracun. Secara umum, seperti spesies anggota kelompok lainnya, mereka disebut kelabang domestik. Mereka terkenal dengan kecepatan tinggi yang mereka kembangkan saat berburu atau melarikan diri dari area tersebut, rata-rata sekitar 20 cm/detik, cukup cepat untuk arthropoda.

Ciri- ciri Scutigera coleoptrata

Scutigera coleoptrata adalah arthropoda antara perawakan sedang dan kecil, mencapai ukuran 50 mm, dengan tubuh silindris, tipis dan memanjang, warna antara kekuningan dan coklat muda, dengan setidaknya dua garis gelap yang melintasi tubuhnya dari atas kepala ke ekor Ia memiliki 15 pasang kaki, kurus dan sangat memanjang, warnanya sedikit lebih terang dari tubuhnya dan dengan garis gelap di sepanjang kaki. Sepasang tungkai terakhir lebih panjang dari 14 pasang lainnya, menyerupai sepasang antena, oleh karena itu diduga merupakan jenis automimikri.

Ia memiliki sepasang mata yang berkembang dengan baik, serta sepasang antena panjang yang terdiri dari antara 300 dan 400 buku jari sangat kecil yang diposisikan berlawanan, karakteristik terakhir menjadi kekhasan di antara berbagai kelabang yang secara taksonomi dekat dengan spesies ini. Di ujung depan kepala ada dua kaliper berisi racun.

Distribusi kelabang rumah ini

Distribusi alami spesies kelabang domestik ini terletak di pantai Mediterania, tetapi saat ini telah menyebar ke hampir seluruh dunia, dengan kehadiran di Amerika, Eropa, Asia, Afrika dan Australia, menjadikannya salah satu spesies arthropoda. dengan jangkauan distribusi geografis terluas.

Habitat Scutigera coleoptrata

Orang-orang ini memiliki preferensi untuk menghuni rumah, maka nama umum kelabang rumah. Perilaku ini disebabkan oleh fakta bahwa ia adalah spesies yang peka terhadap sinar ultraviolet dan oleh karena itu tidak mentolerir sinar matahari [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *