Scatophagus argus, pingo atau tutul scatophagus

© Paradais Sphynx
Scatophagus argus

Fitur dan deskripsi

Scatophagus argus , pingo atau tutul scatophagus adalah ikan yang saat dewasa mencapai panjang rata-rata antara 20 cm, meskipun beberapa spesimen dapat berukuran panjang hingga 38 cm.

Ini adalah ikan berbentuk persegi, kepalanya kecil dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, yang dikompresi secara lateral. Mereka menghadirkan nada warna dasar kehijauan, di mana bintik-bintik bulat dicap di kedua sisi tubuhnya; spesimen muda mempertahankan bintik-bintik lebih jelas daripada pada orang dewasa dan saat pertumbuhannya berakhir, bintik-bintik tersebut lebih berorientasi pada bagian atas tubuh. Mata bulat besar, moncongnya juga membulat; mulutnya kecil dalam posisi horizontal dan dengan adanya gigi viliform. Orang dewasa memiliki ketinggian yang kuat di bagian punggung kepala. Siripnya keras dan sinarnya tajam.

Habitat dan kebiasaan Scatophagus argus

Merupakan ikan laut yang berasosiasi dengan terumbu karang, ia juga dapat menghuni perairan payau bahkan perairan tawar. Ikan ini bergerak dalam kisaran kedalaman hingga lima meter. Mereka suka berteman hidup damai di masyarakat.

Reproduksi

Tidak ada data terkait reproduksi Scatophagus argus , juga tidak menunjukkan dimorfisme seksual, sehingga sulit berkembang biak di penangkaran.

Makanan

Scatophagus argus, pingo tutul, adalah ikan omnivora yang mengonsumsi berbagai macam makanan nabati dan invertebrata air. Di akuarium ia menerima makanan hidup dan beku, serta sayuran dan makanan seimbang: serpih, butiran...

Kompatibilitas dengan ikan lain

Ikan damai yang dapat hidup berkomunitas dengan anggota spesies yang sama dan bahkan dengan ikan akuarium lainnya, selama kondisi air di akuarium campuran mendukung.

Akuarium dan pengolahan air pingo atau tutul scatophagus

Mengingat ukuran yang baik dari Scatophagus argus, pingo atau tutul scatophagus dan kebiasaan komunitas mereka, diperlukan akuarium dengan kapasitas minimal sekitar 500 liter, yang harus ditambahkan batu, batang atau akar. Mereka suka sering berada di bagian tengah akuarium [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *