Jelaskan empat fungsi sistem operasi!

Sistem operasi adalah program di mana program aplikasi dijalankan dan bertindak sebagai jembatan komunikasi (antarmuka) antara pengguna dan perangkat keras komputer. Sistem operasi juga mencakup program untuk mengatur pengontrol lalu lintas, penjadwal, modul manajemen memori, program I/O, dan sistem file.

Fungsi penting dari sistem operasi adalah:

  • Keamanan: Sistem operasi melindungi data dengan menggunakan kata sandi. Ini melindungi data pengguna dan teknik serupa lainnya. itu juga mencegah akses tidak sah ke program dan data pengguna.
  • Kontrol atas kinerja sistem: Merekam waktu respons antara permintaan layanan dan respons sistem untuk mendapatkan pandangan lengkap tentang kesehatan sistem. Terutama memantau kinerja kesehatan sistem.
  • Akuntansi pekerjaan: Waktu dan sumber daya yang telah digunakan oleh pengguna akan dilacak oleh sistem operasi. Jadi data individu dapat dikumpulkan dengan menggunakan pelacakan ini.
  • Alat bantu pendeteksi kesalahan: Pemantauan terus menerus akan dilakukan oleh sistem operasi untuk mendeteksi kesalahan dan menghindari tidak berfungsinya sistem komputer.
9

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *