Apa yang dilakukan oleh Ahli Bedah Bariatrik?

Ahli bedah bariatrik biasanya fokus pada bypass lambung atau operasi lap-band.

Seorang ahli bedah bariatrik adalah jenis ahli bedah yang melakukan operasi bariatrik pada pasien. Jenis operasi ini digunakan untuk orang-orang yang mengalami obesitas tidak sehat . Ada dua tipe dasar operasi bariatrik, bypass lambung dan gastric banding . Setiap operasi digunakan untuk mempromosikan penurunan berat badan pada pasien kelebihan berat badan. Operasi biasanya direkomendasikan untuk pasien obesitas yang tidak berhasil dalam upaya mereka untuk menurunkan berat badan melalui diet dan olahraga.

Seorang ahli bedah bariatrik dapat melakukan prosedur pada individu obesitas yang menderita sleep apnea.

Ketika pasien obesitas yang tidak sehat dirujuk ke ahli bedah bariatrik, ahli bedah mendiskusikan bentuk operasi yang tersedia untuk pasien. Seorang pasien pria yang kelebihan berat badan setidaknya 100 pon (45,4 kg) dan pasien wanita dengan berat badan setidaknya 80 pon (36,3 kg) biasanya dianggap sebagai kandidat ideal untuk operasi bariatrik. Mereka yang memiliki penyakit jantung , sleep apnea , atau diabetes tetapi tidak sesuai dengan kriteria berat badan juga dapat memenuhi syarat untuk menjalani operasi.

Operasi bariatrik biasanya menyebabkan penurunan berat badan.

Salah satu operasi yang biasa dilakukan oleh ahli bedah bariatrik disebut gastric banding. Dalam prosedur khusus ini, ahli bedah menempatkan pita kecil di sekitar bagian atas perut, secara efektif mengurangi ukurannya. Band ini menyebabkan perut terbentuk menjadi kantong kecil seukuran ibu jari.

Setelah prosedur, pasien tidak dapat makan makanan dalam jumlah besar, sehingga berkontribusi pada penurunan berat badan secara bertahap. Larutan garam ditambahkan atau dikeluarkan dari balon tiup di dalam pita. Hal ini memungkinkan ukuran lambung dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Operasi kedua yang dilakukan oleh ahli bedah bariatrik disebut bypass lambung. Jenis operasi ini dapat dilakukan dengan dua cara. Roux -en-Y gastric bypass (RGB) adalah prosedur di mana ahli bedah menggunakan pita vertikal atau staples untuk membuat kantong perut kecil.

Band atau staples membantu pasien membatasi asupan makanan. Setelah kantong dibuat, sebagian usus kecil menempel pada kantong. Hal ini memungkinkan makanan untuk melewati dua bagian pertama dari usus kecil. Ketika ini tercapai, tubuh memiliki kemampuan terbatas untuk menyerap nutrisi dan kalori. Pasien kemudian dapat mengalami penurunan berat badan.

Bentuk lain dari bypass lambung dikenal sebagai bypass lambung distal. Ahli bedah bariatrik mengangkat bagian perut untuk meninggalkan kantong kecil. Kantong tersebut kemudian dilekatkan pada bagian terakhir dari usus kecil. Setelah menerima bentuk bypass lambung ini, pasien berada pada risiko yang lebih tinggi untuk kekurangan nutrisi. Karena tubuh menerima lebih sedikit nutrisi dengan jenis prosedur ini, prosedur ini jarang dilakukan karena risiko peningkatan masalah kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *