Apa yang dimaksud teori brahmana

Yang dimaksud Teori Brahmana adalah teori yang menjelaskan atau menerangkan bahwa agama Hindu dan Buddha sampai ke Indonesia dibawa oleh para Brahmana. dari India. Brahmana merupakan kasta tertinggi dalam agama Hindu yang terdiri dari para pendeta dan pemimpin agama. Kasta Brahmana adalah kelompok sosial tertinggi, paling terpelajar, serta memiliki pengetahuan tentang aksara Pallawa, bahasa Sansekerta, budaya dan ilmu agama Hindu.

Teori ini didasari oleh pengamatan terhadap prasasti-prasasti peninggalan kerajaan Hindu-Buddha yang kebanyakan menggunakan literasi huruf pallawa dan bahasa sansekerta. Di India, literasi tersebut hanya dikuasai oleh golongan Brahmana.

Teori ini dikemukakan oleh Jc.Van Leur menyatakan bahwa agama dan budaya Hindu-Budha yang datang ke Indonesia dibawa oleh sekelompok Brahmana (kelompok agama) yang diundang oleh pemerintah Indonesia untuk melegitimasi kekuasaan mereka sehingga setara raja-raja di India. pendapatnya didasarkan pada pengamatan sisa-sisa kerajaan yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia, terutama pada prasasti menggunakan huruf Sansekerta dan Pallava.

Di India bahasa hanya digunakan dalam kitab suci dan upacara keagamaan dan hanya kelas Brahmana yang memahami dan menguasai penggunaan bahasa. Teori ini menyatakan bahwa hanya Brahmana yang memahami ajaran Hindu. Hanya mereka dapat membaca kitab suci Veda benar sehingga ia berpikir kasta Brahman berwenang hanya menyebarkan agama Hindu.

Kelebihan dan Kelemahan Teori Brahmana

Keleihannya adalah bahwa di Indonesia, banyak prasasti Hindu-Budha yang menggunakan bahasa sanskerta dan huruf pallawa. Bahasa tersebut pada saat itu hanya dikuasai oleh kaum Brahmana. Sedangkan kelemahannya ialah dalam tradisi Hindu-Budha kaum Brahmana pantang menyeberang lautan.