Pengertian Amanat Menurut Islam

Amanat itu adalah melaksanakan puasa

Menurut sebagian ulama bahwa yang dimaksud dengan amanat adalah puasa. Ia merupakan rukun islam, maka barang siapa yang menegakkannya berarti telah menegakkan agama dan barang siapa yang meninggalkannya maka berarti telah merobohkan agama.

Allah telah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 183, “Hai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu dapat bertakwa.”

Nabi Muhammad bersabda, “Diwajibkan berpuasa ramadhan atas kamu.”

Dari Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad, beliau bersabda, “Barang siapa yang berpuasa bulan ramadhan dengan beriman dan mencari pahala, maka diampunkanlah baginya apa yang telah dahulu dari dosanya.”

Amanat itu adalah membayar zakat

Ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa yang dimaksud dengan amanat itu adalah zakat. Ia menyucikan badan dan harta. Allah berfirman dalam surat At Taubah ayat 103, “Ambillah zakat dari harta mereka, dengan zakat itu engkau menyucikan dan membersihkan mereka.”

Juga di dalam surat Al Baqarah ayat 83, “Dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat.”

Diriwayatkan bahwa Nabi Musa pernah melewati seorang laki-laki pada suatu hari. Orang itu sedang mengerjakan shalat dengan khusyu’ dan khudhu’. Berkatalah dia, “Alangkah bagusnya shalat orang ini.” Allah berfirman, “Hai Musa, seandainya dia mengerjakan shalat sehari semalam seribu rakaat, memerdekakan seribu orang budak, beribadah haji seribu kali haji da mengiringkan seribu jenazah tentu tidak bermanfaat semua itu baginya sehingga dia menunaikan zakat hartanya.”

Amanat itu adalah melaksanakan Ibadah haji

Sebagian ulama berkata bahwa yang dimaksud dengan amant itu adalah ibadah haji. ia adalah termasuk di antara rukun-rukun islam. Allah berfirman dalam surat Ali Imraan ayat 97, “Dan bagi Allah atas manusia wajib mengerjakan ibadah haji ke Baitullah yaitu bagi orang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah itu.”

Nabi Muhammad bersabda, “Barang siapa yang memiliki bekal dan kendaraan dan tidak mau melaksanakan ibadah haji, maka hendaklah dia mati dengan cara manakah dia suka, dengan cara Yahudi atau Nashrani.”

Amanat itu adalah semua bentuk amanat

Menurut sebagian ulama bahwa yang dimaksud dengan amanat adalah semua bentuk amanat. Allah berfirman dalam surat An Nisaa ayat 58, “Sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada kamu untuk memenuhi amanat-amanat kepada yang empunya.”

Nabi Muhammad bersabda, “Tiada iman bagi orang yang tidak memiliki amanat (Dapat dipercaya).”

 

Sumber: Durrotun Nasihin