Perilaku Istri Durhaka Kepada Suaminya

Allah akan melaknat perempuan yang durhaka kepada-Nya, berbuat tidak baik kepada suaminya serta sering menyakitinya. Bila perempuan berbuat seperti itu, maka dia akan dimasukkan ke dalam neraka.

Diriwayatkan dari Abu Dzar bahwa dirinya pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Perempuan manapun yang berkata kepada suaminya, ‘Semoga engkau dilaknat Allah.’ sedang dia berbuat dzalim, maka Allah akan melaknatnya, dari atas langit yang berjumlah tujuh dan segala sesuatu yang diciptakan Allah juga melaknatnya kecuali manusia dan jin.”

Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Auf, bahwa dirinya pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Perempuan manapun yang memasukkan kesusahan di hati suaminya mengenai urusan nafkah, atau membebaninya sesuatu yang di luar kemampuannya maka Allah tidak akan menerima pengabdian dan keadilannya.”

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, bahwa dirinya pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Seandainya semua yang ada di permukaan bumi ini berubah menjadi emas dan perak dan seorang perempuan membawanya ke dalam rumah suaminya. Kemudian dia membanggakannya pada suatu hari dengan ucapannya, “Siapakah engkau ini? Semua harta itu milikku dan engkau tidak memiliki harta sedikitpun” Maka Allah menghapus amalnya walaupun banyak sekali.”

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah bersabda, “Perempuan manapun yang keluar dari rumah suaminya dengan tanpa ijinnya, maka dilaknat oleh segala sesuatu yang matahari dan bulan terbit menyinarinya sehingga dia kembali lagi ke rumah suaminya.”

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda, “Seorang perempuan, apabila dia keluar dari pintu rumahnya dengan berhias dan memakai wangi-wangian, sedang suaminya ridha dengan hal itu, maka dibangunlah untuk suaminya itu sebuah rumah di neraka dengan setiap langkah.”

Diriwayatkan dari Thalhah bin Abdillah, dia berkata bahwa dirinya pernah mendengar Rasulullah  bersabda, “Perempuan manapun cemberut di depan suaminya lalu membuat susah suaminya itu, maka dia mendapat kemurkaan Allah sehingga dia tertawa di depan suaminya dan membuat kegembiraan.”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad bersabda, “Apabila seorang laki-laki mengajak istrinya ke tempat tidurnya dan istri itu menolak. Akhirnya saminya semalaman jengkel kepadanya. Maka para malaikat mengutuknya sampai pagi.”