Adab-Adaban Yang Paling Agung Menurut Islam

Kapan saja Allah menjadikan diri kita dalam dhohir bisa turut kepada perintah-Nya, dan memberi rizki Allah dalam batin kita dengan pasrah terhadap ketentuan dan paksaan-Nya. Maka yakin Allah sudah mengagungkan pemberiannya kepada kita.

Penjelasan : Adab-adaban yang paling agung dan paling utama adalah turut terhadap perintah Allah swt dan pasrah terhadap segala ketentuan-Nya.

Dimana-mana Allah menjadikan kita bisa turut terhadap segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Intinya Allah memberikan taufik kepada kita untuk melaksanakan tho’at, lalu Allah menjadikan hati kita pasrah terhadap segala ketentuan-Nya, tegasnya ridha terhadap semua takdir yang menimpa diri kita. Maka kalau demikian Allah telah memberikan karunia yang paling besar, sebab kenikmatan ini menjadi jalan untuk me’rifat kepada Allah, yaitu puncaknya tujuan dan menjadi akhir kenikmatan.

Turut kepada perintah Allah dalam dhohirnya yaitu menunjukkan kesempurnaan syariat. Dan kalau menyatakan sifat ke’abdian, pasrah di dalam batin, yang menunjukkan kepada kesempurnaan thoriqat dan akhirnya hakikat. Jadi kumpulnya dua kenikmatan diatas, itu menjadi 2 akhir kesempurnaan.

Kesimpulannya adalah kita harus semaksimal mungkin, berusaha dengan keras agar bisa melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Kita harus melakukannya dengan ikhlas dan hanya mengharapkan ridha dari Allah swt. Maka di Akhirat nanti Allah swt akan membalasnya dengan yang lebih baik.

 

Diambil dari kitab Al Hikam karangan Assyeikh al Imam Ibni ‘Athoillah Assukandari (hikmah keseratus tujuh)