Ekologi

 

(Ekologi terkadang digunakan secara tidak tepat sebagai sinonim untuk lingkungan alam atau environmentalisme .)

Ekologi pada dasarnya adalah studi tentang organisme bumi dan hubungannya dengan lingkungan abiotik dan biotiknya.

Ekologi atau ilmu ekologi, adalah studi ilmiah tentang distribusi dan kelimpahan organisme hidup dan bagaimana sifat-sifat ini dipengaruhi oleh interaksi antara organisme dan lingkungannya. Lingkungan suatu organisme mencakup sifat fisik, yang dapat digambarkan sebagai jumlah faktor abiotik lokal seperti iklim dan geologi, serta organisme lain yang berbagi habitatnya.

Ekologi mungkin lebih sederhana didefinisikan sebagai hubungan antara organisme hidup dan lingkungan abiotik dan biotik atau sebagai "studi tentang struktur dan fungsi alam" (Odum 1971). Dalam kasus selanjutnya, struktur mencakup pola distribusi dan kelimpahan organisme, dan fungsi mencakup interaksi populasi, termasuk kompetisi, predasi, simbiosis, dan siklus nutrisi dan energi.

Istilah ekologi (oekologie) diciptakan pada tahun 1866 oleh ahli biologi Jerman Ernst Haeckel. Kata tersebut berasal dari bahasa Yunani oikos ("rumah tangga", "rumah", atau "tempat tinggal") dan logos ("studi")—oleh karena itu, "ekologi" berarti "studi tentang rumah tangga alam". Nama ini berasal dari akar kata yang sama dengan ekonomi (pengelolaan rumah tangga), sehingga ekologi terkadang dianggap sebagai ekonomi alam, atau, seperti yang diungkapkan oleh Ernst Haeckel, "kumpulan pengetahuan mengenai ekonomi alam" (Smith 1996).

Interaksi antara organisme hidup dan lingkungan abiotik dan biotiknya, fokus ekologi, umumnya menyampaikan rasa persatuan dan harmoni secara keseluruhan di alam. Lihat misalnya, interaksi spesies . Di sisi lain, sejarah sains itu sendiri sering mengungkapkan konflik, perpecahan, dan kubu yang berlawanan, karena para ahli ekologi mengambil pendekatan yang berbeda dan sering gagal bertemu di titik temu.

Cakupan

Ekologi biasanya dianggap sebagai cabang biologi , ilmu umum yang mempelajari organisme hidup dan yang pernah hidup [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *