Roda Makanan Apa itu? Dan apa yang diajarkannya?

Anton Chernov/sp.depositphotos.com

Roda makanan adalah representasi dengan cara yang praktis dan sederhana yang memungkinkan masyarakat umum untuk belajar makan, mengikuti anjuran jenis makanan yang akan dimakan, jumlah dan frekuensi konsumsinya.

Di tingkat internasional, penggunaan simbol visual untuk membuat rekomendasi diet adalah hal yang umum. Dalam pengertian ini, simbol yang paling banyak digunakan adalah: belah ketupat makanan dan piramida makanan.

Roda makanan adalah simbol yang banyak digunakan di Spanyol pada tahun 70-an atau 80-an, tetapi masih diterima sampai sekarang. Ini ditetapkan oleh program EDALNU Kementerian Kesehatan .

Awalnya makanan diklasifikasikan menjadi tujuh kelompok. Namun, perubahan pola makan penduduk Spanyol menyebabkan pembaruan simbol ini.

Sekarang, makanan diklasifikasikan menjadi enam kelompok. Namun, pengurangan tersebut bukan karena hilangnya salah satu kelompok, melainkan hanya pengelompokan kembali kelompok ketiga, yang terdiri dari kentang, kacang-kacangan dan polong-polongan, menjadi dua kelompok lainnya.

Artinya, kentang masuk ke kelompok I serealia dan turunannya, sedangkan polong-polongan dan kacang-kacangan dikelompokkan kembali ke kelompok III daging, ikan dan telur.

Perlu diketahui bahwa satu-satunya makanan yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi adalah ASI bagi bayi. Setelah tahap ini, individu membutuhkan variasi makanan yang dapat menjamin asupan nutrisi yang cukup.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsilah makanan dari semua kelompok yang ada di atas kemudi, dalam proporsi yang memadai. Hal ini karena makanan mengandung nutrisi esensial tertentu yang dibutuhkan tubuh, namun nutrisi tersebut tidak terdapat pada semua makanan.

Apa yang diajarkan roda makanan?

Roda makanan dirancang untuk memberikan panduan kepada penduduk, yang memungkinkan mereka dengan mudah menyiapkan makanan yang bervariasi dan lengkap. Itulah sebabnya simbol ini membagi makanan menjadi enam kelompok sesuai dengan fungsinya di dalam tubuh.

Kelompok I dan II

Itu terdiri dari makanan energi, seperti karbohidrat yang ada dalam kentang, sereal dan turunannya, dan gula. Serta lemak dan minyak mentega, masing-masing [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *