Feline rhinotracheitis (FHV): virus herpes pada kucing

Pemeriksaan hewan kucing

Feline rhinotracheitis adalah penyakit yang umum terjadi pada kucing, dengan tingkat penularan yang tinggi, dengan tingkat kematian yang rendah hingga sedang, yang terutama disebabkan oleh virus herpes tipe I yang menyerang sistem pernapasan dan mata kucing, oleh karena itu juga. sering disebut sebagai feline herpesvirus .

Penyebab virus herpes kucing

Feline rhinotracheitis biasanya terjadi di lingkungan yang dingin, serta di tempat-tempat di mana terdapat konsentrasi tinggi kucing yang hidup di lingkungan yang sama, di mana kucing sering tidak divaksinasi, menemukan anak kucing, kucing geriatri (tua), dan kucing dengan pertahanan yang sangat rendah. konsekuensi menjadi pembawa penyakit seperti leukemia kucing atau oleh virus yang sangat menekan kekebalan kucing, seperti virus imunodefisiensi kucing. Dalam populasi ini atau secara individu, kucing yang sakit parah atau telah menerima perawatan kanker kemungkinan besar akan terkena virus rhinotracheitis kucing.

Biasanya kucing yang paling sering terkena feline herpesvirus adalah kucing yang berusia sekitar 1 tahun, tetapi juga terjadi pada anak kucing yang berusia 2 minggu, meskipun sebagian besar infeksi rhinotracheitis kucing terjadi pada usia 5 atau 8 minggu. Beberapa anak kucing bahkan dapat terlahir dengan penyakit tersebut jika induknya tidak diimunisasi secara memadai.

Meskipun sebagian besar kucing dapat pulih sepenuhnya dari virus herpes kucing, perkembangan penyakit ini dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu dan pada beberapa kucing dapat meninggalkan gejala sisa seperti rinitis kronis, yang merupakan peradangan pada saluran hidung, serta seperti menjadi pembawa penyakit, di mana kucing tampak sehat, tetapi tetap mengeluarkan cairan hidung, bersin terus menerus, dan kotoran mata, terutama jika kucing mengalami periode stres, yang akan mengakibatkan ekskresi virus tersebut secara intermiten.

Tanda atau gejala rhinotracheitis kucing

Jika tanda-tanda berikut diamati pada hewan peliharaan, mereka harus segera pergi ke dokter hewan, karena jika diagnosis yang tepat waktu tidak dibuat atau jika terlalu banyak waktu berlalu, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi dengan infeksi bakteri, yang dapat mengakibatkan hilangnya nyawa [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *