sistem saraf amfibi

Amfibi adalah satu-satunya vertebrata tetrapoda anamnion, yaitu, mereka tidak memiliki membran embrio yang ada pada reptil, burung, dan mamalia. Selain itu, perwakilan dari kelompok ini mengalami serangkaian perubahan yang mengesankan selama perkembangan postembrionik mereka. Untuk alasan ini, banyak aspek, seperti ontogeni dan sistem saraf amfibi , mewakili topik yang sangat diminati dalam studi perbandingan, serta pendekatan evolusi.

Seringkali, amfibi telah dianggap sebagai model yang baik untuk pekerjaan eksperimental, terutama mengenai sistem saraf pusat dan studi komparatif dari struktur ini pada kelompok vertebrata yang berbeda. Dalam sistem saraf amfibi, dimungkinkan untuk mengenali beberapa ciri dasar organisasi otak vertebrata tetrapoda ketuban.

Kajian tentang anatomi susunan saraf pusat atau otak dari tiga ordo kelas Amphibia, berfokus terutama pada susunan atau arsitektur kimiawi, serta genetika. Kedua pendekatan ini berfungsi untuk menentukan pembagian anatomi yang ada di otak kelompok hewan ini.

Ciri-ciri sistem saraf amfibi

Sistem saraf amfibi, seperti pada hewan lain, memiliki saraf pusat: otak. Organ ini didefinisikan relatif sederhana pada katak, salamander, dan caecilian. Namun, susunan neuron dan serabut saraf yang disederhanakan di otak memiliki semua aspek struktural amniota vertebrata.

Dengan cara ini, otak amfibi memiliki wilayah utama yang sama dengan kelompok lain seperti reptil dan mamalia, meskipun banyak dari kompartemen ini memiliki perkembangan terbatas, sementara yang lain memiliki spesialisasi. Dalam sistem saraf amfibi, otak berbentuk memanjang, dengan beberapa kelenturan kecil, kecuali di gymnophiones (caecilian), di mana terdapat kelengkungan yang jelas pada sumbu panjang batang otak.

Lobus anterior memiliki belahan tubular telencephalic dengan ventrikel lateral yang luas. Ini cukup menonjol pada caecilian, karena memanjang ke arah kaudal, menutupi sebagian besar batang otak. Untuk bagiannya, telencephalon memiliki umbi penciuman utama, serta aksesori yang terletak di kutub rostral.

Diencephalon mewakili bagian kaudal lobus anterior dan tampak sebagai silinder sempit [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *