Pnemonia Apa itu? Gejala, agen penyebab dan pengobatan


Infeksi paru-paru, satu atau keduanya, dikenal sebagai pneumonia. Dari mana nama itu berasal? Yah, tidak lebih dan tidak kurang dari penyatuan penumos dengan akhiran -ía. Pneumos, dalam bahasa Yunani, berarti paru-paru, dan sufiks menunjukkan infeksi, seperti yang telah kita catat.

Agen penyebab pneumonia

Kami tidak dapat berbicara tentang agen itu sendiri, karena pneumonia dapat disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur (mengakses konten jamur).

Pneumonia juga dapat terjadi karena menghirup produk beracun, atau hanya karena apa yang dikenal sebagai pneumonia aspirasi, yang akan kita bahas nanti.

Ketika virus, bakteri atau jamur ini menjajah satu atau kedua paru-paru, balon atau kantung udara yang biasanya berisi udara terisi dengan bahan purulen (nanah) atau cairan, yang menyebabkan gejala yang akan menjadi ciri khas flu dan yang akan kita tangani. dengan di bagian selanjutnya.

Kami telah mengatakan bahwa penyebabnya bisa jamur, bakteri atau virus; Inilah yang dikenal sebagai community-acquired pneumonia, yaitu di luar lingkungan rumah sakit, di lingkungan normal; tetapi kita tidak boleh melupakan pneumonia aspirasi. Ini terjadi ketika keadaan umum pasien tertekan, memburuk, dengan kesulitan menelan, yang menyebabkan makanan atau cairan masuk ke trakea dan dari sana melalui bronkus ke paru-paru, menyebabkan infeksi serius yang berpotensi sangat serius.

Ada juga pneumonia yang didapat di rumah sakit yang sama, sementara pasien menerima perawatan untuk kondisi lain, yang sangat memperumit gambarannya, karena pasien sebelumnya sakit dan pneumonia bisa jauh lebih sulit diobati daripada pasien yang "tidak sakit".

Kami juga dapat menggambarkan pneumonia yang disebabkan di lingkungan di mana ada orang yang dilembagakan, yang tinggal di pusat perawatan orang dengan masalah kesehatan.

Cara penularan pneumonia

Bentuk penularannya pada dasarnya seperti flu. Artinya, dari orang ke orang. Berbicara, berciuman, atau berhubungan lebih dekat dengan penderita pneumonia dapat menyebabkan pasangannya tertular juga.

Ini secara logis tidak terjadi pada pneumonia aspirasi, yang telah kami jelaskan penyebabnya [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *