Kelas secernetean: nematoda secernetous

Rahasia, rahasia

Morfologi

Kelas Secernentea , secernénteos , adalah sekelompok nematoda yang dicirikan oleh banyak papila ekor dan sistem ekskresi yang memiliki kanal lateral. Nama kelas Secernentea berasal dari bahasa Latin dan berarti organ ekskresi, nama ini mengacu pada saluran berlapis kutikula dari sistem tubular, pada gilirannya mereka tidak memiliki kelenjar epidermal atau kaudal. Mereka memiliki striae radial basal, berguna untuk mempertahankan bentuk tubuh, dan satu atau dua reseptor per sensilla. Eksterna sensila labial, pada banyak spesies secernents, tampaknya hanya memiliki fungsi mekanoreseptif. Kelas Secernentea menghadirkan integumen, bukaan genital dan dalam hal dimorfisme seksual, betina lebih besar dari jantan. Mereka menghadirkan reproduksi aseksual, secara bersamaan dioecious dan hermafrodit.

Amphidia adalah organ sensorik utama nematoda, dan di banyak secernentean mereka bergerak sedikit ke belakang, sementara di sebagian besar perwakilan kelas ini mereka bermigrasi ke daerah lateral bibir. Pada gilirannya, sebagian besar secernentean hanya memiliki sejumlah kecil organ sensorik somatik. Pada perwakilan parasit tanaman dan hidup bebas, organ indera somatik dapat terdiri dari hingga tiga pasang lateral, deiridia di daerah leher, postdeiridia sekitar setengah panjang tubuh, atau setengah jalan antara vulva dan leher.anus, akhirnya phasmid biasanya di bagian ekor.

Taksonomi dari secernenteans

Secerneteans adalah kelas nematoda dengan kebiasaan darat, laut dan air tawar. Kelas ini terdiri dari sembilan ordo, Camallanida, Diplogasterida, Aphelenchida, Strongylida, Ascaridida, Rhabditida, Tylenchida, Spirurida, dan Oxyurida. Dalam ordo ini, terdapat 247 famili, 3.255 genera, dan sekitar 20.040 spesies.

Kelas Secernentea mengandung beberapa spesies parasit yang signifikan, termasuk subkelas Spiruria dan Rhabditia. Untuk bagiannya, Caenorhabditis elegans , nematoda laboratorium yang terkenal, berguna sebagai biomodel, adalah salah satu anggota Rhabditia yang paling tidak berbahaya.

Filogeni

Salah satu langkah utama dalam filogeni Nematoda adalah perbedaan mendasar dari dua kelompok Adenophorea dan Secernentea, yang awalnya dianggap sebagai Phasmidia dan Aphasmidia [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *