Tokek mawar, Hemidactylus turcicus

Gecko, Hemidactylus turcicus
Gailhampshire/CC BY 2.0

Ciri-ciri tokek roseate

Hemidactylus turcicus , yang dikenal sebagai tokek merah muda , adalah reptil yang pada tingkat taksonomi termasuk dalam ordo Squamata dan keluarga Gekkonidae.

Ini adalah spesies tokek berukuran kecil, ditandai dengan penampilan ramping dan rona yang menyerupai tembus cahaya. Ia digambarkan sebagai reptil terkecil di Semenanjung Iberia

Tidak ada perbedaan antara jantan dan betina, bisa mencapai panjang 12,3 sentimeter, yang lebih dari setengahnya sesuai dengan ekornya. Namun, ada beberapa dimorfisme seksual sehubungan dengan tulang pipi femoralis betina yang terletak di depan bukaan kloaka.

Tokek kemerahan memiliki tangan dan kaki dengan jari-jari yang independen, masing-masing dengan kuku bagian atas.

Mengenai pewarnaannya, warnanya pucat, dari merah muda hingga krem, dengan penampakan agak transparan di bagian punggungnya. Meskipun spesimen dengan nada gelap dan buram telah dijelaskan. Punggungnya terlihat agak kasar. Bagian perut biasanya berwarna krem.

Habitat Dimana tempat tinggalnya? Perilaku

Ini adalah spesies nokturnal yang luar biasa, meskipun juga dapat dilihat pada siang hari, dengan cara ini mereka mengatur suhu tubuh mereka. Lebih sulit untuk mengamatinya di alam, karena cenderung hidup di daerah berpenduduk, berjalan di sepanjang dinding bangunan. Namun, di lingkungan liar, tokek mawar suka sering berada di daerah berbatu, celah, semak belukar, dan tanah subur.

Spesies ini dapat ditemukan dari permukaan laut hingga 1.100 meter di atas permukaan laut, meskipun biasanya tidak melebihi 300 meter di atas permukaan laut.

Pada permukaan vertikal, tokek kemerahan memiliki kelincahan dan kecepatan yang tinggi dalam gerakannya.

Ini menunjukkan periode hibernasi singkat selama bulan-bulan musim dingin yang paling keras.

Makanan Apa yang kamu makan?

Tokek mawar pada dasarnya memakan serangga, menangkap spesies terbang dan terestrial [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *