Tanda Piskacek: apa itu, anatomi, kehamilan dan kehamilan

Tanda Piskacek mengacu pada asimetri yang ditunjukkan oleh rahim dalam pemeriksaan fisik ginekologi dan yang memberi tahu dokter tentang kemungkinan kehamilan pada wanita yang diperiksa. Asimetri rahim disebabkan oleh perubahan konsistensi yang dihasilkan oleh implantasi embrio.

Biasanya rahim memiliki konsistensi yang kuat dan permukaannya benar-benar halus. Ketika perubahan ciri-ciri ini diperhatikan, mungkin karena efek fisiologis hormon selama kehamilan. Dengan kata lain, itu adalah tanda yang menunjukkan kemungkinan bahwa pasien hamil.

Oleh Ed Uthman, MD (Flickr, Wikipedia) – (2014). “Kehamilan tuba dengan embrio”. WikiJournal of Medicine 1 (2): 7. DOI: 10.15347 / wjm / 2014.007., Domain Publik, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=840032

Untuk melihat perubahan konsistensi dan asimetri rahim, dokter pemeriksa harus memiliki pengalaman dalam meraba rahim melalui perut. Terlepas dari kenyataan bahwa tanda Piskacek memberikan kecurigaan kehamilan yang tinggi, pemeriksaan lebih mendalam harus dilakukan untuk memberikan diagnosis yang pasti.

Perlu juga dicatat bahwa tidak adanya tanda ini tidak berarti bahwa pasien tidak hamil.

Indeks artikel

Apa tanda Piskacek?

Tanda Piskacek adalah asimetri yang dirasakan dokter pada rahim seorang wanita yang diduga hamil, dan sesuai dengan tempat di mana embrio akan ditanam.

Oleh Entropy1963 – Karya sendiri, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=18816447

Itu dijelaskan oleh Ludwig Piska├žek (1854-1932) yang adalah seorang dokter kandungan Austria, penulis banyak publikasi di bidang kebidanan.

Manuver terdiri dari palpasi uterus secara abdomen. Dalam kondisi normal, rahim akan terasa halus dan elastis dalam konsistensi. Namun, ketika ada kehamilan, tempat implantasi meradang dan menciptakan sedikit asimetri. Selain itu, perubahan konsistensi dapat diperhatikan di tempat itu.

Untuk mengenali tanda tersebut, seseorang harus dilatih dalam palpasi uteri abdomen. Ini adalah tanda awal yaitu sekitar minggu keempat kehamilan. Tidak adanya tanda ini tidak mengecualikan kemungkinan kehamilan.

Ilmu urai

Rahim adalah organ berotot besar yang terletak di panggul wanita dan merupakan bagian dari alat kelamin internal wanita. Permukaannya halus dan memiliki konsistensi elastis yang kuat yang diberikan oleh kandungan serat ototnya dan oleh sejumlah besar kolagen di dalam selnya.

Kolagen yang ditemukan bercampur di antara serat-serat otot dalam rahim, merupakan unsur yang sangat penting untuk mencapai pertumbuhan organ ini selama perkembangan janin dalam kehamilan.

Kehamilan dan kehamilan

– Proses

Telur yang dibuahi dikenal sebagai embrio. Proses perkembangan embrio ini di dalam rahim hingga pembentukan janin disebut kehamilan.

Sementara itu, istilah kehamilan mengacu pada semua perubahan fisiologis yang terjadi pada wanita hamil dan dimaksudkan agar janin berkembang di dalam rahim tanpa komplikasi.

Perkembangan intrauterin janin berlangsung antara 38 dan 42 minggu. Setelah waktu itu selesai, mekanisme fisiologis baru diaktifkan yang memicu persalinan.

Kehamilan dimulai dengan implantasi atau perlekatan embrio pada rahim dan berakhir dengan kelahiran.

– Implantasi

Implantasi adalah proses di mana embrio menempel pada lapisan endometrium rahim, dan menyerang sel-sel yang membentuknya, mulai mengembangkan jaringan peredaran ibu-janin yang rumit.

Fase implantasi hanya terjadi pada apa yang disebut jendela implantasi , antara hari 16-22 dari siklus menstruasi 28 hari. Pada periode inilah endometrium menerima blastokista atau embrio.

Tetapi selain itu, harus ada koordinasi yang memadai antara bagian hormonal, molekuler dan seluler yang memungkinkan proses implantasi yang sesuai.

Implantasi terdiri dari tiga tahap, tahap aposisi, tahap adhesi, dan tahap invasi.

Pada tahap aposisi, embrio mendarat di tempat implantasi di dalam endometrium. Pada tahap adhesi, perlekatan embrio ke endometrium dimulai melalui produk molekuler yang dilepaskan olehnya. Akhirnya, pada tahap invasi, embrio memperoleh kemampuan untuk melepaskan enzim yang memecah epitel endometrium dan menembus lapisan sel.

Oleh Internet Archive Book Images – https://www.flickr.com/photos/internetarchivebookimages/14779613431/Sumber halaman buku: https://archive.org/stream/diseasesofwomena01tait/diseasesofwomena01tait#page/n341/cara/1up, Tidak ada batasan, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=43419543

Selama tahap invasi, perdarahan kecil dapat berasal, kadang-kadang bingung dengan menstruasi normal.

– Tanda dan gejala pada kehamilan

Tanda-tanda pertama

Ketika seorang wanita usia subur melakukan hubungan seks tanpa kondom, selalu ada kemungkinan kehamilan.

Hal pertama yang diperhatikan wanita adalah tidak adanya menstruasi. Apalagi saat siklus menstruasi teratur, tanda ini menjadi penting dan menjadi salah satu alasan utama pasien berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Tanda-tanda kehamilan nonspesifik lainnya termasuk mual di pagi hari, lelah atau mengantuk, dan payudara sakit. Ini semua disebut tanda kemungkinan, karena berdasarkan keberadaannya, diagnosis kehamilan tidak dapat dipastikan.

Perubahan hormonal

Selama pemeriksaan fisik, spesialis medis mungkin melihat perubahan fisik lainnya pada wanita yang mencurigai kehamilan. Perubahan ini dimediasi oleh proses hormonal yang diaktifkan pada kehamilan.

Hormon yang aktif selama kehamilan memicu mekanisme yang meningkatkan jumlah darah yang mencapai rahim. Peningkatan vaskularisasi organ ini merupakan dasar dari hampir semua perubahan fisik yang diamati.

Perubahan yang terjadi pada rahim dan organ genital internal dan eksternal wanita dikenal sebagai proses pematangan . Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa janin dapat berkembang dengan baik di dalam rahim, untuk waktu yang diperlukan sampai siap untuk hidup di luar rahim.

Pertumbuhan dan perubahan konsistensi uterus, pelunakan serviks, perubahan warna pada mukosa vagina dan kulit vulva, merupakan variasi fisiologis yang sering dijumpai pada ibu hamil.

Tanda-tanda probabilitas

Selain mual dan semua tanda tidak tepat yang diperhatikan wanita, ini adalah bukti yang sedikit lebih mengarah pada kemungkinan kehamilan tetapi masih merupakan tanda kemungkinan.

Tanda-tanda probabilitas hanya memberikan tingkat kecurigaan kehamilan, tetapi memandu dokter untuk meminta pemeriksaan lebih mendalam yang dapat memberikan diagnosis pasti kehamilan.

Ujian medis

Untuk mendiagnosis kehamilan, keberadaan janin di dalam rongga rahim harus dibuktikan. Hal ini dicapai melalui tes seperti USG panggul atau transvaginal dan USG Doppler, yang merupakan tes untuk mendengar detak jantung janin.

Oleh Rizome – Karya sendiri, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=6885909

Ketika tes menunjukkan adanya janin di dalam rahim, diagnosis kehamilan aman. Bukti-bukti ini dikenal sebagai tanda-tanda kepastian.

Referensi:

  1. Gosman, W; Fagan, SE; Sosa-Stanley, JN; dkk. (2019). Anatomi, Perut dan Panggul, Rahim. StatPearls (FL). Diambil dari: ncbi.nlm.nih.gov
  2. Su, R.W; Fazleabas, AT (2015). Implantasi dan Pembentukan Kehamilan pada Primata Manusia dan Bukan Manusia. Kemajuan dalam anatomi, embriologi, dan biologi sel. Diambil dari: ncbi.nlm.nih.gov
  3. Kim, S.M; Kim, JS (2017). Tinjauan Mekanisme Implantasi. Perkembangan & reproduksi. Diambil dari: ncbi.nlm.nih.gov
  4. Fowler, JR; Jack BW. (2019). Kehamilan. StatPearls (FL). Diambil dari: ncbi.nlm.nih.gov
  5. Motosko, CC, Bieber, AK, Pomeranz, MK, Stein, JA, & Martires, KJ (2017). Perubahan fisiologis kehamilan: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Internasional Dermatologi Wanita. Diambil dari: ncbi.nlm.nih.gov

Related Posts

© 2023 News Fiqihislam