Cara menghapus file di Windows secara langsung tanpa pindah ke Recycle Bin

Jika Anda menggunakan komputer Windows, Anda mungkin sudah tahu tentang fungsi delete yang tidak hanya dapat menghapus karakter saat mengetik, tetapi juga dapat digunakan untuk menghapus file dan folder atau direktori dari sistem file Anda. Tetapi setiap kali Anda menghapus beberapa file atau folder dari sistem file Anda, itu tidak akan terhapus sepenuhnya. Pertama-tama pergi ke Recycle Bin dalam Windows 10/8/7…, dan Anda harus menghapusnya dari Recycle Bin untuk menghapusnya sepenuhnya dari sistem Anda. Ya, bahkan setelah menghapus file dari Bin Anda semua file dan tidak terhapus secara fisik dari hard drive.

Namun, menurut kebanyakan orang, menghapus file dari Recycle Bin berarti, itu benar-benar hilang, karena tidak ada jaminan, Anda dapat memulihkan file setelah dihapus dari Bin, bahkan jika Anda memiliki beberapa perangkat lunak khusus. Karena file secara logis tetap berada di Recycle Bin setelah dihapus dari sistem file, file tersebut juga tidak dihapus dari hard drive, dan itulah mengapa selama file berada di Bin, Anda tidak akan mendapatkan kembali ruang apa pun. pada hard drive Anda. Jadi Anda dapat menonaktifkan Recycle Bin di komputer Windows Anda atau langsung menghapus file tanpa memindahkannya dan menyimpannya di disk.

Jadi tanpa penundaan lebih lanjut, mari kita mulai dengan bagaimana Anda dapat menghapus file dari komputer Windows Anda secara langsung tanpa memindahkannya ke Windows Bin atau menonaktifkannya sama sekali.

Lewati Recycle bin di Windows 10 atau 7

Cukup pilih semua file dan folder yang ingin Anda hapus. Sekarang, daripada menggunakan tombol ‘Hapus’ di keyboard, gunakan kombinasi tombol ‘ Shift + Delete ‘ di keyboard Anda.

Anda akan langsung mendapatkan peringatan yang pada dasarnya mengatakan, file akan dihapus secara permanen, dan apakah Anda ingin melanjutkan.

Tekan saja ‘Enter’, atau klik ‘Yes’ untuk menghapus file atau ‘Esc’ atau ‘No’, jika Anda berubah pikiran.

Penghapusan langsung tanpa tombol shortcut recycle bin adalah tombol Shift+Del.

Atau, Anda dapat mengklik kanan pada pilihan, dan kemudian daripada mengklik opsi ‘Hapus’ secara langsung, tekan tombol ‘Shift’ pada keyboard Anda dan tekan tombol ‘Hapus’ pada menu konteks klik kanan.

permanen menghapus file tanpa pindah ke recycle bin

Sekarang, sekali lagi, Anda akan mendapatkan peringatan yang sama. Cukup gunakan tombol ‘Enter’ atau klik ‘Ya’ untuk menghapus unsur secara permanen, tanpa memindahkannya ke Bin.

Perhatikan bahwa jika Anda menghapus file dan folder di komputer Windows Anda secara normal, dan pindah ke Bin, Anda dapat menggunakan hotkey ‘ Ctrl + Z ‘ atau klik kanan di mana saja, dan klik ‘ Undo Delete ‘. Itu akan membatalkan tindakan penghapusan, dan Anda bisa mengembalikan unsur ke lokasi defaultnya di sistem file Anda.

batalkan file yang dihapus di Windows 10 dari Recycle bin

Perhatian : Jika Anda bertanya kepada saya “ Apa yang terjadi ketika sebuah file dihapus tanpa masuk ke recycle bin “. Jadi, jawabannya adalah Anda tidak akan mendapatkannya kembali. Ya, Anda dengar benar, jika Anda menghapus file secara langsung tanpa memindahkannya ke Recycle Bin, ‘ Undo Delete ‘ atau ‘ Ctrl + Z ‘ tidak akan berfungsi.

Menonaktifkan Recycle Bin di Windows

Sekarang mari kita lihat, bagaimana Anda dapat menonaktifkan Recycle Bin sama sekali, atau menonaktifkannya untuk drive tertentu di komputer Windows Anda.

Klik kanan pada ikon ‘Recycle Bin’ di desktop, dan klik ‘Properties’.

matikan recycle bin windows 10

Di sini, Anda dapat menonaktifkannya untuk masing-masing drive, atau mengatur batas useran WIndows Bin untuk masing-masing drive.

Secara default, ukuran Recycle Bin adalah 5-6% dari ukuran drive. Artinya jika Anda terus menghapus file, dan ukuran file yang dihapus dari satu drive melebihi 5-6% atau ukuran bin untuk drive itu, file akan langsung dihapus, tanpa pindah ke Recycle Bin.

Cukup pilih drive yang ingin Anda nonaktifkan Recycle Bin, dan pilih ‘ Don’t move files to the Recycle Bin ‘. Setelah itu, klik ‘Terapkan’ atau ‘OK’.

menonaktifkan Recycle Bin,

Jika Anda ingin mengubah ukuran Recycle Bin, pilih kotak teks yang sesuai dengan ‘ Maximum size (MB): ‘ dan ketik ukuran dalam MB. Setelah itu, klik ‘Terapkan’ atau ‘OK’.

Jangan memindahkan file ke Recycle Bin

Sekarang, ulangi hal yang sama untuk semua drive lain, jika Anda ingin menonaktifkannya sepenuhnya, atau ingin mengubah ukuran maksimum Windows Bin.

Seperti yang sudah saya nyatakan sebelumnya, file masih dapat dipulihkan oleh alat pemulihan file seperti Recuva atau lebih. Jika Anda menghapus file secara berurutan dan jarang menggunakan Recycle Bin, Anda dapat menonaktifkannya di komputer Windows Anda. Namun, jika Anda memiliki kebiasaan menghapus file dan folder secara tidak sengaja, saya akan merekomendasikan Anda untuk tetap mengaktifkan Recycle Bin sehingga Anda bisa mendapatkan kembali file tersebut jika Anda menghapusnya. Sama sekali tidak disarankan untuk menonaktifkannya, tetapi bagaimanapun juga, ini adalah sesuatu yang harus Anda ketahui, dan dengan demikian, tutorialnya.

Related Posts

© 2023 News Fiqihislam