Sampel darah dan urin dikumpulkan dan dievaluasi oleh divisi diagnostik.
Struktur organisasikhasrumah sakit biasanya merupakan kombinasi dari struktur hierarkis dan divisi, karena ada rantai komando di mana beberapa tingkat berada di bawah tingkat lain, tetapi karyawan diatur dalam departemen atau divisi yang memiliki tugas mereka sendiri.Di bagian atas struktur akan menjadi administrator, diikuti oleh layanan informasi dan layanan terapeutik, yang keduanya biasanya pada tingkat yang sama.Layanan diagnostik juga berada di samping divisi yang disebutkan di atas, bersama dengan layanan dukungan.Jika struktur organisasi rumah sakit digambar, kemungkinan besar akan menyerupai piramida, dengan hanya beberapa pemimpin di tingkat atas dan lebih banyak bawahan di tingkat bawah.
Layanan diagnostik bertanggung jawab atas MRI dan prosedur pencitraan lainnya.
Tingkat paling atas dari layanan administrasi terdiri dari orang-orang yang biasanya memiliki dan mengoperasikan rumah sakit sebagai badanusaha.Mereka bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan dan anggaran sesuai dengan kebutuhan pasien dan karyawan.Seringkali, orang-orang ini disebut dewan direksi, pejabat eksekutif, presiden, dan wakil presiden.Kepala departemen seperti di kepala ahli bedah dan dokter anak, juga dapat dianggap sebagai bagian dari layanan administrasi.
Mereka yang berada di manajemen perawatan kesehatan melakukan tugas administratif, tetapi sering bekerja sama dengan dokter, perawat, dan staf rumah sakit.
Di bawah layanan administrasi adalah layanan informasi, yang bertanggung jawab untuk mendokumentasikan semua dokumen yang diperlukan dalam setiap kegiatan rumah sakit.Ini termasuk memperoleh informasi pasien ketika dirawat, catatan medis dan keluarga, dan penerimaan biaya yang dikeluarkan selama tinggal di rumah sakit.Semua dokumen biasanya diarsipkan menggunakan sistem komputerisasi yang memudahkan pencarian dan penyortiran.Departemen layanan informasi juga bertugas menyimpan dokumen terkait staf, merekrut karyawan baru, dan menyelenggarakan seminar untuk mendidik staf dan pasien tentang isu-isu baru dan berita kesehatan.Staf di bawah level ini dapat mencakup resepsionis, sekretaris, dan spesialis pemasaran.
Rumah sakit biasanya memiliki kombinasi struktur organisasi hierarkis dan divisi.
Struktur organisasi rumah sakit juga mencakup sekelompok layanan terapeutik, mungkin paling dikenal oleh pasien karena melibatkan dokter, ahli bedah, dan terapis yang secara langsung merawat pasien dan kondisinya.Selain dokter biasa yang melayani kondisi fisiologis pasien, layanan terapeutik juga mencakup orang-orang yang membantu pasien dengan kebutuhan lain, seperti psikolog, terapis, ahli gizi, dan bahkan pekerja sosial.Perawat juga dapat menjadi bagian dari kelompok ini, memantau pasien saat dokter tidak ada.
Departemen layanan informasi rumah sakit termasuk mendokumentasikan biaya yang dikeluarkan selama tinggal di rumah sakit.
Layanan diagnostik adalah divisi yang bertanggung jawab atas mesin dan laboratorium.Agar dapat ditangani dengan baik, pasien mungkin harus melalui serangkaian tes dan pengambilan sampel, seperti tes darah dan urin serta magnetic resonance imaging (MRI).Sampel dan gambar biasanya melalui laboratorium dan ahli diagnostik untuk dianalisis, sehingga penyebab sebenarnya dari suatu penyakit dapat diidentifikasi, dan dokter dapat memberikan perawatan yang tepat.
Tenaga keperawatan merupakan kontak utama bagi pasien di rumah sakit.
Melengkapi struktur organisasi rumah sakit adalah pelayanan penunjang yang menjamin ketersediaan perbekalan kesehatan, mesin dalam kondisi kerja yang baik, dan rumah sakit dalam keadaan bersih dan berfungsi.Staf di bawah divisi ini akan mencakup insinyur, tukang listrik, dan petugas kebersihan.Semua divisi yang disebutkan adalah penting, dan hilangnya satu divisi dapat melumpuhkan kemampuan rumah sakit untuk melayani pasien.Divisi-divisi ini juga bekerja sama dan bergantung satu sama lain untuk menjaga agar rumah sakit tetap berjalan dengan lancar.