Memahami perilaku konsumen membantu produsen dan pengecer memperkirakan keinginan dan kebutuhan konsumen di masa depan.
Pentingnyaperilaku konsumen, terutama dalam hal menafsirkan perilaku itu dengan benar, sangat penting untuk keberhasilan semua jenis bisnis.Pada akhirnya, bagaimana konsumen berperilaku yang berkaitan dengan pemilihan barang dan jasa untuk pembelian memiliki pengaruh yang luar biasa pada apa yang diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan.Sederhananya, jika konsumen tidak menyukai suatu produk, produk tersebut tidak akan laku dan akan hilang dari pasar dalam waktu yang sangat singkat.
Memahami perilaku konsumen membantu perusahaan membangun pelanggan setia.
Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan ketika menganalisis pentingnya perilaku konsumen.Seseorang harus melakukan denganpsikologikonsumen di tempat dan waktu tertentu.Faktor-faktor seperti keadaan ekonomi dan jumlah pendapatan yang dapat dibelanjakan yang tersedia bagi konsumen akan membuat perbedaan besar dalam apa yang mereka beli dan dalam jumlah berapa.Konsumen yang tidak yakin ke mana arah ekonomi akan jauh lebih mungkin untuk mengurangi pengeluaran dan menghemat lebih banyak uang, mengantisipasi masa-masa sulit di masa depan.Di sini, perusahaan harus memahami motivasi untuk perilaku tersebut dan membuat penyesuaian dalam penetapan harga atau produksi yang mengatasi masalah tersebut di sini dan sekarang.
Mempertimbangkan demografi seperti usia, jenis kelamin, budaya, dan lokasi akan sangat membantu untuk memahami mengapa konsumen membuat pilihan tertentu.
Pentingnya perilaku konsumen juga terlihat dalam mengantisipasi keinginan dan kebutuhan konsumen.Perusahaan menghasilkan uang ketika mereka mampu meyakinkan konsumen bahwa produk yang mereka tawarkan akan memenuhi kebutuhan dan mungkin juga memenuhi semacam keinginan.Misalnya, produk pembersih rumah perlu memenuhi kepuasan pelanggan dalam hal pembersihan yang efektif, tetapi mungkin juga menarik bagi pelanggan ketika aroma yang menyenangkan ditambahkan yang membantu membuat rumah lebih mengundang.Di sini, produsen memenuhi kebutuhan akan rumah yang bersih sekaligus memenuhi keinginan dengan memasukkan aroma yang menyenangkan yang selanjutnya membuat rumah menjadi nyaman bagi konsumen.
Pemasaran mobil mungkin perlu difokuskan pada utilitas tambahan, karena konsumen bersedia membayar ekstra untuk fitur yang akan mereka gunakan.
Tanpa memahami dampak dari perilaku konsumen, perusahaan tidak dapat berharap untuk terhubung dengan kelompok konsumen tertentu atau mempertahankan perhatian mereka cukup lama untuk melakukan penjualan, dan mereka pasti tidak akan pernah membangun pelanggan yang setia.Mempertimbangkandemografiseperti usia, jenis kelamin, budaya, dan lokasi akan sangat membantu untuk memahami mengapa konsumen membuat pilihan tertentu saat memilih barang dan jasa untuk dibeli.Bahkan setelah mendapatkan penjualan pertama tersebut, perusahaan harus melanjutkan upaya mereka untuk memahami apa yang memotivasi konsumen untuk membeli produk mereka, dan mengambil langkah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut untuk menjaga permintaan pada tingkat yang wajar.Gagal untuk benar-benar memahami pentingnya perilaku konsumen akan berarti hilangnya minat konsumen dan kemerosotan dan keruntuhan perusahaan berikutnya.