Iklan media sosial menargetkan pengguna tertentu.
Iklanmedia sosialadalah bentukiklan onlineyang menyediakaniklanyang sangat bertarget berdasarkan informasi yang diberikan oleh anggota layanan media sosial.Sementara iklan media sosial telah dipuji oleh beberapa orang sebagai revolusi dalampemasaran langsung, itu juga membawa banyak masalah privasi.Kekhawatiran ini sebagian besar berasal dari distribusi informasi anggota yang diperoleh oleh pihak ketiga, seperti aplikasi dan platform lain yang tidak dibuat oleh layanan media sosial itu sendiri.
Iklan media sosial memungkinkan iklan barang atau jasa yang ditargetkan melalui situs web dan aplikasi telepon.
Langkah pertama dalam periklanan media sosial adalah memperoleh anggota dengan mendorong orang untuk mendaftar ke media sosial tertentu, sepertisitus jejaring sosialsepertiFacebook,MySpaceatau Twitter, situs berbagi video seperti YouTube, situs berbagi foto seperti Flickr , blog, atau bahkanpenyediaemail.Layanan ini pertama-tama akan mengumpulkan informasi kontak dasar dari anggota, seperti nama, alamat email, atau nomor teleponnya.Layanan kemudian akan mendorong anggota untuk mengisi bidang informasi lain yang mungkin murni sukarela, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, hobi, dan minat.Semakin banyak informasi yang diberikan anggota tentang dirinya, semakin mudah dia ditempatkan ke dalam demografi tertentu untuk agregasi data dan selanjutnya, iklan media sosial yang ditargetkan.
Iklan media sosial mungkin melihat riwayat pencarian komputer untuk menentukan iklan yang relevan.
Setelah data dikumpulkan dari anggota layanan media sosial tertentu, data tersebut dapat disimpan di server yang aman untuk jangka waktu yang terbatas tergantung pada Syarat dan Ketentuan layanan, yang harus disetujui pada saat pendaftaran anggota.Layanan media sosial kemudian mencocokkan data anggota dengan demografi tertentu yang ingin ditargetkan oleh sponsor mereka untuk produk atau layanan.Akibatnya, anggota media sosial yang mencantumkan “bersepeda” di antara hobinya dan “Kansas” sebagai lokasinya mungkin akan melihat iklan yang muncul di situs web layanan untuk toko sepeda yang berbasis di Kansas.Semakin sedikit detail yang diberikan oleh anggota di profil informasinya, semakin sedikit iklan yang ditargetkan.Misalnya, jika seorang anggota hanya menunjukkan bahwa dia perempuan, dia mungkin akan melihat iklan untuk produk atau layanan yang menarik bagi banyak wanita dari berbagai usia, lokasi, dan etnis.
Meskipun beberapa anggota media sosial menganggap iklan media sosial cukup ramah jika tidak diterima, peningkatan penggunaan media sosial selama dekade terakhir telah menimbulkan kekhawatiran tentang privasi informasi.Misalnya, situs seperti Facebook mengizinkan pengembang aplikasi luar untuk membuat kuis, permainan, dan aksesori lain untuk digunakan anggota sebagai imbalan atas akses ke informasi akun mereka.Karena pembatasan dan kebijakan seputar apa yang kemudian dilakukan pengembang luar dengan informasi ini relatif tidak jelas, beberapa orang khawatir bahwa hal itu dapat membuat anggota rentan terhadap pencurian identitas,spamming, dan praktik ilegal atau tidak etis lainnya.