Berkah Membaca Bismillaahirrohmaanirrohiim

Dengan membaca Bismillaahirrohmaanirrohiim, penulis kitab ini memulai pembahasan, karena turut terhadap Al Quran. Karena al quran juga di tiap-tiap suratnya diawali dengan lafad Bismillaahirrohmaanirrohiim, kecuali surat At Taubah. Serta ada juga hadist Rasulullah saw : “setiap perkara yang dibilang bagus menurut syara’, tapi tidak diawali dengan Biamillah, itu sama dengan hewan yang buntung jari-jarinya…….” tegasnya kurang keberkahannya.

I’lam : sebenar-benarnya Bismillaahirrohmaanirrohiim itu banyak berkahnya bagi yang mengucapkannya, serta akan hasil bagi orang tersebut perkara yang diharapkannya. Serta siapa saja orang yang membiasakan memperbanyak membaca Bismillaahirrohmaanirrohiim, maka bakal diterima semua ‘amalnya.

Kitab yang diturunkan dari langit ke bumi itu ada 104 kitab, 60 suhuf diturunkan kepada Nabi sith, 30 suhuf kepada Nabi Ibrohim, 10 suhuf sebelum taurot diturunkan ke Nabi Musa, kitab taoroh, kiab Injil, kitab zabur dan kitab al quran.

Nah, makna nya seluruh kitab dikumpulkan di al quran, maknanya al quran dikumpulkan di surat Al Fatihah, maknanya al fatihah dikumpulkan di lafadh Bismillaahirrohmaanirrohiim, maknanya Bismillaahirrohmaanirrohiim dikumpulkan di ba nya lafadh Bismillah.

Tanbiih : pernah kejadian ada ‘ulama sholeh yang sakit keras, lalu dia berobat ke beberapa dokter, tetapi tetap tidak sembuh. Kemudian sang ‘ulama tafakur di sebagian waktunya terhadap lafadh  Bismillaahirrohmaanirrohiim yang banyak keberkahannya. Terus saja ‘ulama ini tetap/istiqomah membaca lafadh Bismillaahirrohmaanirrohiim, yang tidak tentu hitungannya karena saking banyaknya, akhirnya Allah menyembuhkan sakitnya si ‘ulama tersebut dengan keberkahan Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Begitu juga ada 1 hikmah, diceritakan ada istri sholihah yang mempunyai suami munafiq/preman/badung, nah dimana-mana akan mengerjakan suatu perkara/berkata apapun  istri ini selalu saja mengucapkan dulu Bismillaahirrohmaanirrohiim, suaminya tidak menyukai kebiasaan istrinya tersebut. Maka berkata si suami itu didalam hatinya “akan mengerjakan sesuatu yang membuat malu istrinya” . terus si suami memberikan dompet kepada istrinya, kata suaminya “harus menyimpan kamu dompet ini”, kemudian si istri mengambil dompet itu sambil membaca Bismillaahirrohmaanirrohiim, kemudian disimpan dompet ini di lemari, lalu menutup lemari lagi sembari membaca Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Bismillaah

Setelah beberapa lama si suami mengambil dompetnya lalu dilempar ke sumur yang ada di rumahnya. Kemudian si suami meminta dompet ke istrinya, lalu istri tersebut pergi kekamarnya dengan membaca Bismillaahirrohmaanirrohiim, kemudian membuka lemari sambil terlebih dahulu membaca Bismillaahirrohmaanirrohiim, dan ternyata dompet itu mada, karena Allah swt menyuruh malaikat mengambil dompet di sumur lalu disimpan ditempatnya semula. Istri itu lalu menyerahkan dompet kepada suaminya sambil membaca Bismillaahirrohmaanirrohiim, kaget lah si suami, maka kemudian suaminya itu taubat kepada Allah swt dari kemunafiqannya, dan menjadi orang sholeh dari keberkahan Bismillaahirrohmaanirrohiim yang sering dibaca istrinya.

Segala puji bagi Allah swt, meminta kita dengan puji ini terhadap dibukakannya macam-macam kebaikan serta mendapatkan pertolongan dari menghasilkan macam-macam keutamaan yang dicita-citakan.

Begitu juga rohmat serta salam semoga dilimpahkan kepada panutan kita semua Nabi Muhammad saw, yang jadi pimpinan semua makhluk. Rohmat dan salam semoga juga dilimpahkan kepada keluarga nabi, para sahabatnya. Yang keluarga dan sahabatnya ini jadi imam dan yang dipercaya dalam masalah agama.

 

Diambil dari kitab ‘Uquudullujaen karangan Syeikh Muhammad Bin Umar Nawawi

Scroll to Top