Ketika sel yang diplasmolisis ditempatkan dalam larutan hipotonik maka air akan bergerak di dalam sel ini akan terjadi karena gaya apa?

Ketika sel tumbuhan ditempatkan dalam larutan hipotonik, air masuk ke dalam sel secara osmosis dan sebagai hasilnya tekanan turger berkembang. Membran sel meregang dan tekanan osmotik sel menurun. Saat sel menyerap lebih banyak air, Tekanan Totalnya meningkat dan Tekanan Osmotiknya menurun. Ketika sel sepenuhnya turgid, OP-nya sama dengan TP dan DPD adalah nol. Sel-sel turgid tidak dapat menyerap air lagi. Jadi, dengan mengacu pada sel tumbuhan, DPD dapat digambarkan sebagai kehausan sel yang sebenarnya akan air dan dapat dinyatakan sebagai DPD=OP-TP.

Ketika DPD nol, masuknya air akan berhenti. Dengan demikian DPD yang cenderung menyamakan dan merepresentasikan kemampuan sel menyerap air, disebut juga suction force (SF) atau suction pressure (SP).

Istilah defisit tekanan difusi (DPD) diciptakan oleh BS Meyer pada tahun 1938. Awalnya DPD digambarkan sebagai tekanan hisap oleh Renner (1915). Ini adalah pengurangan tekanan difusi air dalam larutan atau sel di atas keadaan murninya karena adanya zat terlarut di dalamnya dan memaksa melawan difusi.

DPD larutan sama dengan tekanan osmotiknya yaitu DPD = OP(larutan). DPD sel dipengaruhi oleh tekanan osmotik dan tekanan dinding (tekanan turgor) yang melawan masuknya air secara endosmotik, yaitu DPD = OP – Tekanan dinding. DPD berbanding lurus dengan konsentrasi larutan. DPD menurun dengan pengenceran larutan. Tekanan sebenarnya dimana sel menyerap air disebut “tekanan hisap”.

Potensi Osmotik – Potensi molekul air untuk berpindah dari larutan hipotonik (lebih banyak air, lebih sedikit zat terlarut) ke larutan hipertonik (lebih sedikit air, lebih banyak zat terlarut) melintasi membran semi permeabel.

Potensi air (Simbol ). Perbedaan antara potensial kimia air dalam sistem biologis dan potensial kimia air murni pada suhu dan tekanan yang sama. Ini dimanifestasikan sebagai gaya yang bekerja pada molekul air dalam larutan yang dipisahkan dari air murni oleh membran yang hanya permeabel terhadap molekul air dan dapat dinyatakan sebagai jumlah potensial zat terlarut dan potensial tekanan: = s + p

Soal: Ketika sel yang diplasmolisis ditempatkan dalam larutan hipotonik maka air akan bergerak di dalam sel ini akan terjadi karena gaya apa?

A» Defisit Tekanan Difusi

B»Tekanan Osmotik

C»Tekanan Dinding

D» Tak satu pun di atas