Ketika jumlah benih yang diketahui dari dua spesies (X dan Y) dicampur bersama dalam proporsi yang berbeda dan ditanam di lima petak kecil tanah di musim semi. Tumbuhan itu tumbuh, berbunga, dan menghasilkan biji. Ditemukan bahwa persentase benih jenis X dan jenis Y dalam panen biasanya berbeda dengan proporsi yang ditanam, meskipun jumlah benih yang dihasilkan sama dengan jumlah benih yang ditanam. Data diplot pada grafik. Menurut data apa hubungan ekologis antara spesies X dan spesies Y?

Opsi C adalah jawaban yang benar, X dan Y bersaing jika ada benih X dan Y.

Grafik menunjukkan bahwa ketika campuran benih yang ditanam mengandung 25% spesies X (dan karenanya 75% spesies Y, menjadi 100%), 50% dari benih yang dipanen adalah spesies X. Jika 50% dari benih yang dipanen adalah spesies X, 50% benih lainnya yang dipanen pastilah spesies Y.

Soal: Ketika jumlah benih yang diketahui dari dua spesies (X dan Y) dicampur bersama dalam proporsi yang berbeda dan ditanam di lima petak kecil tanah di musim semi. Tumbuhan itu tumbuh, berbunga, dan menghasilkan biji. Ditemukan bahwa persentase benih jenis X dan jenis Y dalam panen biasanya berbeda dengan proporsi yang ditanam, meskipun jumlah benih yang dihasilkan sama dengan jumlah benih yang ditanam. Data diplot pada grafik. Menurut data apa hubungan ekologis antara spesies X dan spesies Y?

A» X dan Y saling menguntungkan untuk persentase biji X yang rendah.

B» X dan Y saling menguntungkan untuk persentase biji X yang tinggi.

C» X dan Y bersaing jika ada benih X dan Y.

D» Y berhasil bersaing dengan X pada semua persentase benih X dan Y.