Kapan Anda akan menggunakan mikroskop sederhana dan kapan, mikroskop majemuk? Jelaskan secara rinci bagaimana Anda akan menggunakannya.

Mikroskop sederhana hanya dilengkapi dengan satu lensa bikonveks, seringkali dengan panjang fokus yang pendek. Mikroskop sederhana digunakan untuk menghasilkan gambar yang diperbesar dari suatu objek yang ditempatkan dalam jarak fokusnya. Di sisi lain, mikroskop majemuk memiliki dua set lensa, lensa okuler atau lensa okuler dan lensa objektif. Mikroskop sederhana hanya memiliki satu tingkat perbesaran, yaitu perbesarannya tidak dapat diatur dan setara dengan lensa yang digunakan. Mikroskop majemuk memiliki tingkat perbesaran yang jauh lebih tinggi dan dapat disesuaikan.

Mikroskop sederhana digunakan pada tingkat dasar, di mana tidak ada persyaratan penelitian yang ketat. Ada 3 sampai 5 lensa objektif dalam senyawa yang membantu dalam memperbesar ganggang, jamur dan bakteri. Perbesaran totalnya terbatas pada perbesaran lensa tunggal yang digunakan.

Mikroskop majemuk digunakan untuk melihat sel dan bagian subselular secara detail. Ini juga digunakan untuk membandingkan perbedaan di antara berbagai sel dan kelainan di dalamnya, misalnya karena penyakit.

Mikroskop sederhana bekerja berdasarkan prinsip bahwa ketika sebuah benda kecil ditempatkan dalam fokusnya, bayangan maya, tegak, dan diperbesar dari objek terbentuk pada jarak paling jauh dari penglihatan yang berbeda dari mata yang dipegang dekat dengan lensa. Jadi, untuk melihat versi yang diperbesar dari suatu objek dengan mikroskop sederhana kita perlu meletakkannya dalam jarak fokus lensa.

Mikroskop majemuk berisi sejumlah bagian optik, yang memungkinkan perbesaran dan visualisasi slide. Lensa mata adalah apa yang kita lihat untuk melihat slide. Lensa mata ini biasanya memiliki kekuatan pembesar 10X, tetapi beberapa lensa mata memiliki kekuatan pembesar 5X hingga 30X.

Lensa objektif berkisar dari 4X hingga 100X dan merupakan lensa optik utama pada peralatan ini. Tabung lensa mata menahan lensa mata di tempatnya. Nosepiece berisi lensa objektif, yang dipasang pada bagian yang berputar. Hal ini memungkinkan kita untuk memilih tujuan yang berbeda.

Tombol fokus memungkinkan kita untuk memfokuskan mikroskop dengan benar. Saat menggunakan mikroskop, kita menempatkan spesimen di atas panggung. Beberapa mikroskop memiliki tahap mekanis, yang memungkinkan gerakan slide yang sangat kecil. Jika mikroskop tidak memiliki panggung mekanis, ia juga memiliki klip panggung yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan slide secara manual. Iluminator berisi pencahayaan untuk mikroskop.

Diafragma iris mengatur jumlah cahaya yang mencapai slide. Bagian ini bekerja dengan kondensor, yang mengumpulkan cahaya dari iluminator. Kedua bagian membantu mengontrol fokus dan jumlah cahaya yang diterapkan ke slide.

Soal: Kapan Anda akan menggunakan mikroskop sederhana dan kapan, mikroskop majemuk? Jelaskan secara rinci bagaimana Anda akan menggunakannya.