Apa itu penyerbukan? Jelaskan penyerbukan yang dibawa melalui agen serangga dan jelaskan dengan contoh yang sesuai adaptasi tanaman untuk jenis penyerbukan ini.

Penyerbukan adalah ketika butiran serbuk sari dari antera, bagian jantan dari bunga, dipindahkan ke bagian betina dalam bunga, yang dikenal sebagai stigma. Meskipun semua tanaman berbunga bergantung pada penyerbukan untuk reproduksi, ada variasi dalam cara penyerbukan tanaman. Entomophily atau penyerbukan serangga adalah bentuk penyerbukan dimana serbuk sari tanaman, terutama tetapi tidak hanya tanaman berbunga, didistribusikan oleh serangga. Bunga yang diserbuki oleh serangga biasanya mengiklankan diri mereka dengan warna-warna cerah, kadang-kadang dengan pola yang mencolok (honeyguides) yang mengarah ke hadiah serbuk sari dan nektar; mereka mungkin juga memiliki aroma yang menarik yang dalam beberapa kasus meniru feromon serangga. Tanaman seperti Jatropha, Daisy, Anggrek, spider lily, dll diserbuki melalui penyerbukan serangga.

Soal: Apa itu penyerbukan? Jelaskan penyerbukan yang dibawa melalui agen serangga dan jelaskan dengan contoh yang sesuai adaptasi tanaman untuk jenis penyerbukan ini.