Jelaskan representasi grafis dari medan listrik dalam bentuk garis-garis medan.

  1. Garis-garis medan karena satu muatan positif telah ditunjukkan. Garis-garis medan diarahkan secara radial ke luar dan berakhir hanya di tak terhingga.
  2. Garis medan karena muatan negatif tunggal. Garis-garis medan diarahkan secara radial ke dalam.
  3. Garis-garis medan akibat dua muatan yang sama besar dan berlawanan telah ditunjukkan. Garis-garis ini dimulai dari muatan positif dan berakhir pada muatan negatif. Bentuk garis menunjukkan seolah-olah kedua muatan diikat bersama oleh tali karet yang diregangkan dan terdapat tegangan longitudinal pada garis medan.
  4. Garis-garis medan akibat dua muatan positif yang sama telah ditunjukkan. Garis-garis medan tampaknya memberikan tekanan lateral satu sama lain. Ini jelas memunculkan tolakan antara dua benda bermuatan positif (yaitu, serupa). Titik netral (P), di mana medan bersihnya nol terletak di tengah-tengah antara dua muatan.
  5. Ada dua muatan positif yang tidak sama (Q > q). Karakteristik umum dari garis-garis medan adalah sama seperti pada Gambar titik. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa titik netral (P) lebih dekat ke q daripada Q. Hal ini disebabkan gaya tolak yang lebih besar dari garis-garis medan karena Q pada garis-garis medan karena q.
2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *