Jelaskan jenis-jenis ikatan pembuluh yang terdapat pada tumbuhan!

Penyelesaian:

Ikatan pembuluh diklasifikasikan sesuai dengan lokasi relatif xilem dan floem.

(1) Berkas pembuluh radial: Dalam jenis berkas pembuluh ini, jaringan xilem dan floem terjadi pada lokasi radial yang berselang-seling dalam kelompok yang berbeda. Ini bisa dilihat dari akarnya.

(2) Ikatan vaskular gabungan : Dalam ikatan vaskular gabungan, jaringan xilem dan floem hadir pada radius yang sama dan hanya berlawanan satu sama lain. Pada batang dikotil ini adalah fenomena umum. Ikatan pembuluh darah konjoin terdiri dari dua bentuk, tergantung pada jumlah dan lokasi kelompok floem.

(i) Jenis agunan – Kecuali untuk anggota Cucurbitaceae dan anggota tertentu dari Convolvulaceae, ikatan pembuluh bersifat sangat spesifik dan ditemukan pada batang dikotil. Kambium dapat ada atau tidak ada di antara xilem dan floem patch yang membuka atau menutup berkas pembuluh.

(ii) Tipe dua kolateral – Berkas askular terdiri dari dua bagian floem di area yang sama di setiap sisi xilem. Floem luar tetap berada di tepi silinder pusat dan floem dalam tetap berada di tengah. Ikatan pembuluh tersebut terdiri dari dua bagian kambium. Kambium eksternal membedakan floem luar dari xilem, di mana kambium internal membedakan xilem dari floem internal. Kambium luar berbentuk cekung dan jauh lebih aktif daripada kambium planokonkaf internal yang kurang aktif.

(3) Ikatan vaskular konsentris : Kadang-kadang xilem mengelilingi jaringan floem atau sebaliknya. Bundel zat vaskular seperti itu disebut bundel vaskular terpusat. Ketika xilem mengelilingi jaringan floem dari semua sisi, berkas pengangkut disebut berkas pengangkut amfivasal (tipe leptosentrik). Bundel seperti itu terlihat setelah pertumbuhan sekunder pada tanaman monokotil seperti Dracaena. Berkas pengangkut disebut berkas pengangkut amfikribal (tipe hadrosentrik) bila floem menutupi seluruh jaringan xilem. Bundel vaskular ini terjadi pada pteridophytes seperti Selaginella dll.

3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *