Jelaskan Domain Dan range

Domain dari suatu fungsi. adalah himpunan semua nilai masukan yang mungkin untuk. yang fungsi yang diberikan. didefinisikan. Fungsi menyediakan. output untuk semua nilai yang mungkin. dari sebuah domain. . Fungsi merupakan topik matematika yang sangat penting. Ini adalah relasi yang memberikan set output yang sesuai dengan set input. Saat berhadapan dengan fungsi, siswa sering menemukan dua konsep yang sangat berguna, domain dan jangkauan.

Domain fungsi didefinisikan sebagai grup dari semua nilai x atau semua input. Nilai input ini ketika diterapkan ke fungsi, harus menghasilkan nilai output yang sesuai. Dengan kata lain, domain suatu fungsi adalah himpunan semua nilai atau bilangan yang masuk ke dalam fungsi untuk memberikan keluaran.

Range suatu fungsi seharusnya merupakan kumpulan dari semua kemungkinan keluaran atau nilai y. Rentang juga dilambangkan dengan f (x); di mana x adalah variabel bebas dalam fungsi f. Dengan demikian, domain dan jangkauan adalah dua operasi berbeda yang dilakukan pada sekumpulan nilai dan fungsi yang diberikan. Secara singkat, domain suatu fungsi adalah himpunan semua nilai input yang mungkin sedangkan range adalah himpunan semua nilai output yang mungkin. Pada grafik suatu fungsi, himpunan nilai terhadap arah sumbu X adalah domain ; sementara, himpunan nilai terhadap arah sumbu disebut sebagai jangkauan. Rentang ini juga disebut sebagai kodomain. Domain suatu fungsi: Semua nilai input yang mungkin. Rentang fungsi: Semua nilai keluaran yang mungkin.

10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *