Apa yang dilakukan Humas?

Seorang humas harus berkomunikasi dengan media dalam upaya untuk menyampaikan pesan klien, serta kadang-kadang melakukan pengendalian kerusakan.

Tugas utama humas adalah mengelola dan mempromosikan citra klien. Ketika datang ke bintang film dan selebriti lainnya, pekerjaan itu sebagian besar melibatkan manajemen merek pribadi, yang sering kali mencakup menciptakan sensasi tentang film yang akan datang atau bekerja untuk mendapatkan sponsor iklan atau promosi lainnya. Banyak perusahaan dan bisnis swasta juga memiliki humas. Pekerjaan para profesional ini secara teori serupa, tetapi berbeda dalam praktiknya. Sebagian besar pekerjaan mereka melibatkan pembuatan siaran pers , menyampaikan berita tentang pencapaian utama, dan bekerja dengan staf pemasaran untuk merancang iklan dan iklan.

Pekerjaan Promosi

Orang dan perusahaan mempekerjakan humas untuk meningkatkan citra mereka di mata publik. Kekhususan sehari-hari dari apa yang dilakukan seorang humas sangat bergantung pada pengaturannya, tetapi promosi hampir selalu merupakan tugas utama.

Humas menghabiskan banyak waktu untuk mengelola citra online klien.

Jaringan humas terus-menerus dengan wartawan dan eksekutif pemasaran untuk memastikan bahwa nama klien mereka tetap di berita utama dan laporan berita. Dia juga terus mengikuti perkembangan atau kemajuan dalam bisnis atau kehidupan pribadi klien, dan dapat bertindak sebagai juru bicara resmi di hadapan media atau perhatian lainnya.

Kontrol Kerusakan

Seorang humas sering bertindak sebagai juru bicara.

Sebagian besar pekerjaan juga melibatkan membelokkan berita negatif, dan meremehkan situasi buruk. Jika obat terbaru dari sebuah perusahaan farmasi ternyata berbahaya, misalnya, seorang humas akan mencoba mengurangi pers yang buruk, dan akan mencari sudut positif. Hal yang sama berlaku untuk selebriti yang dihukum karena mengemudi dalam keadaan mabuk, atau yang mengalami masalah dalam kehidupan pribadi mereka. Seorang humas yang baik akan mencoba untuk menjaga perhatian publik pada hal-hal lain, seperti karir tertinggi atau rilis film atau musik baru.

Manajemen Gambar Online

Humas mungkin mencoba untuk menghilangkan rumor yang menyebar tentang klien mereka.

Banyak humas saat ini melakukan pekerjaan besar secara online, sering kali mengelola akun jejaring sosial dan memantau posting blog. Outlet berita dan kolom gosip semakin mencari ke Internet untuk berita yang sedang tren, atau “tren”, dan dalam banyak kasus, posting atau pembaruan jaringan yang tepat waktu dapat menjadi perbedaan antara berita malam dan dilupakan secara virtual. Humas terbaik memahami baik bagaimana menggunakan teknologi online, dan bagaimana memanfaatkannya untuk keuntungan klien.

Jadwal kerja

Humas dapat berbicara kepada media atas nama klien yang berada dalam masalah hukum.

Sementara beberapa humas bekerja dengan jam kerja standar 8 jam, sebagian besar merasa bahwa akhir pekan dan kerja malam yang teratur diperlukan. Hal ini terutama berlaku jika menyangkut pekerjaan dengan selebritas, karena banyak hal yang dapat terjadi pada malam dan akhir pekan yang harus diikuti oleh humas. Humas sering diharapkan untuk melakukan perjalanan untuk menghadiri pertemuan atau menyampaikan presentasi tentang kegiatan klien, juga.

Pelatihan yang Diperlukan

Persaingan untuk pekerjaan humas umumnya sengit, terutama jika menyangkut klien kelas atas. Sebagian besar waktu, para profesional berharap untuk mulai bekerja di anak tangga terbawah industri, dan akhirnya membangun posisi yang lebih glamor.

Humas hiburan mungkin mencoba mempromosikan film, seperti yang dibuat oleh aktor populer seperti Dwayne ” Rock” Johnson.

Bahkan untuk pekerjaan tingkat pemula, gelar sarjana sangat penting. Sebagian besar pemberi kerja menghargai latar belakang dalam pemasaran, bisnis, atau periklanan, dan pekerjaan sebelumnya dalam bidang ini juga biasanya merupakan aset — terutama jika itu berarti karyawan baru telah membuat daftar kontak yang berharga. Pengalaman kerja penuh waktu biasanya yang paling diinginkan, tetapi magang dan kerja paruh waktu saat di sekolah juga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *