Contoh soal berpikir kritis dan demokratis beserta jawaban

Hai teman-teman, admin akan menyajikan Contoh soal berpikir kritis dan demokratis beserta jawaban. Semoga saja Contoh soal berpikir kritis dan demokratis beserta jawaban ini bermanfaat banyak.

Soal No. 1)  Mengapa seorang muslim harus bertawakal kepada Allah swt atas hasil keputusan musyawarah?

Jawaban:
Karena manusia hanya bisa berikhtiar sedangkan hasil yang menentukan hanya Allah Swt. semata dan dampaknya jika bertawakal, hati akan menjadi tenang

Soal No. 2) Bagaimana pandangan ajaran Islam dan sistem demokrasi terhadap keputusan musyawarah?

Jawaban:
Musyawarah merupakan ajaran Islam dan telah dicontohkan Rasulullah saw., begitu juga dalam konsep demokrasi, musyawarah merupakan jalan terbaik untuk mencapai hasil mufakat.

Soal No. 3) Mengapa dalam bermusyawarah kita dianjurkan untuk saling bermaafan?

Jawaban:
Saling bermaafan merupakan perintah agama, apalagi dalam bermusyawarah, agar tidak terjadi kesalahan pemahaman di antara sesama anggota serta menjaga situasi tetap aman dan tenteram tidak ada perasaan dengki, dendam, dan sebagainya.

Soal No. 4) Tunjukkan salah satu bukti bahwa musyawarah merupakan hal yang sangat penting dalam Islam!

Jawaban:
Karena musyawarah merupakan suatu alat yang mampu mempersekutukan sekelompok umat di samping sebagai salah satu sarana untuk menghimpun atau mencari pendapat yang baik.

Soal No. 5) Jelaskan makna demokrasi!

Jawaban:
Demokrasi artinya bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah.

Soal No. 6) Rasulullah saw sebagai pemimpin sering mengajak para sahabat untuk menyelesaikan masalah, sebutkan contohnya !

Jawaban:
Rasulullah saw. sebagai pemimpin sering meng- ajak para sahabat untuk menyelesaikan masalah, misalnya dalam mengatur strategi memenangkan perang, menyelesaikan bahan perang, dan menentukan tempat ibadah.

Soal No. 7) Apa arti lafal “fa’fu ‘anhum”?

Jawaban:
Maafkanlah mereka

Soal No. 8) Apa saja ketentuan musyawarah yang dibahas dalam surah Ali’imran ayat 159 ?

Jawaban:
Ketentuan bermusyawarah sebagaimana dibahas dalam surah AAli ‘Imraan ayat 159 sebagai berikut.
a. Lapang dada.
b. Saling memaafkan.
c. Bersikap terbuka.
d. Melengkapinya dengan bertawakal.

Soal No. 9) Apa perbedaan demokrasi dan demokrasi liberal?

Jawaban:
Demokrasi adalah sebuah bentuk pemerintahan dimana kekuasaannya bersandar pada masyarakatnya sendiri. Contoh utamanya ada pemungutan suara. Ada banyak tipe demokrasi, demokrasi langsung menempatkan pembuatan keputusannya secara langsung ke tangan masyarakat secara individu. Sedangkan, demokasi tidak langsung menempatkan pembuatan keputusannya kepada pejabat resmi yang telah terpilih.

Kebanyakan, demokrasi pada masyarakat memiliki campuran dari langsung dan tidak langsung. Demokari liberal adalah bentuk dari demokrasi dimana kebebasan individu ditegaskan dan dilindungi. Beberapa hak dapat dilihat sebagai hak yang tidak dapat dicabut, artinya hak tersebut merupakan hak dasar pada individu dan tidak dapat dipindahkan maupun dihapuskan.

Biasanya, hal ini dapat dicapai melalui deklarasi konstitusi atau hukum undang-undang dan pelarangan untuk menghalangi hak-hak tersebut. Keuntungan dari hal ini adalah tidak adanya kekuatan mayoritas yang dapat menahan atau menghalangi hak-hak tersebut tanpa melanggar perlindungan hak. Demokrasi yang picik (tidak luas pengetahuannya) tidak memberikan jaminan terhadap perlindungan hak.

Sebaliknya, semua hak dipandang untuk memberikan kepuasan kepada pemerintahan dan sebagai subyek pencabutan hak. Semua minoritas dapat ditindas dengan mudah sesuai dengan kehendak mayoritas.

Soal No. 10) Apa Perbedaan Republik dan Demokrasi di Indonesia?

Jawaban:
Indonesia adalah salah satu negara yang menganut sistem demokrasi, baik pada sistem pemerintahan maupun sistem politik Indonesia. Jika anda hidup di Indonesia, anda sebagai warga negaranya memiliki hak yang sama yaitu kebebasan dalam mengeluarkan pendapat.

Perbedaan antara demokrasi yang dianut Indonesia dengan negara lainnya adalah landasan demokrasi kita yang berdasarkan pancasila sebagai dasar negara. Karena itu, demokrasi yang berlaku di Indonesia dinamai sebagai demokrasi pancasila.
Artinya, demokrasi yang berjalan di Indonesia harus berlandaskan pada pancasila, baik dalam perkembangannya maupun penerapannya.

Indonesia juga merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik atau dikenal sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Indonesia dipimpin oleh satu kepala negara saja yaitu presiden. Bersama wakil presiden, seorang presiden memimpin negara dan mengatur pemerintahan ke dalam dan keluar.
Dengan begitu, sistem dan bentuk pemerintahan Indonesia menganut keduanya, yaitu demokrasi dan republik.

Soal No. 11) Apa perbedaan kapitalisme dan demokrasi?

Jawaban:
Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan, yang diatur oleh rakyat, yang mana memiliki berbagai macam bentuk mulai dari demokrasi langsung, yang dilaksanakan di kota-kota kecil New England melalui Rapat Umum Wargakota, hingga republik demokratik besar. Anda mungkin mengetahui bentuk-bentuk lain dari pemerintahan seperti monarki (pemimpin tunggal, umumnya melalui Pemilu), teokrasi (pemerintahan oleh pemimpin religius), dan lain-lain.

Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi, bedasarkan kepemilikan pribadi dan pasar bebas. Hal ini juga ada dalam berbagai macam bentuk. Sistem ekonomi penting lainnya termasuk diantaranya sosialisme dan komunisme. Demokrasi dan kapitalisme berbeda satu sama lain seperti halnya ritme dan melodi dan perbedaan perspektif dalam musik.

Namun demokrasi dan kapitalisme dapat berjala dengan baik secara bersamaan, terutama ketika ditanamkan ke dalam budaya yang memiliki rasa hormat kepada individu manusia, rasa tanggungjawab dan moderasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *