Contoh Soal Essay Al-Qur’an dan Hadis adalah pedoman Hidupku Beserta Jawaban

Hai kawan-kawan, di bawah ini akan disajikan Contoh Soal Essay Al-Qur’an dan Hadis adalah pedoman Hidupku Beserta Jawaban. Semoga saja Contoh Soal Essay Al-Qur’an dan Hadis adalah pedoman Hidupku Beserta Jawaban ini memberikan manfaat yang banyak untuk kita semua.

Soal No. 1). Jelaskan yang dimaksud dengan Ijtihad!

Jawaban:
Ijtihad usaha yang sungguh-sungguh dengan mengerahkan segala kemampuan nalar untuk menyelidiki dan menetapkan hukum suatu perkara berdasarkan Al-Qur’an dan hadits. Suatu contoh adalah mengapa meminum minuman berakohol diharamkan?

Soal No. 2). Apa sumber utama Ajaran Islam

Jawaban:
Al-Qur’an dan Hadis

Soal No. 3). Apa yang dimaksud Hadis?

Jawaban:
Hadits adalah segala perkataan (sabda), perbuatan dan ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama Islam. Hadits dijadikan sumber hukum dalam agama Islam selain Al-Qur’an, Ijma dan Qiyas, dimana dalam hal ini, kedudukan hadits merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Qur’an.

Soal No. 4). Sebutkan dan jelaskan macam-macam hukum taklifi!

Jawaban: Menurut bahasa hukum taklifi adalah hukumpemberian beban , menurut istilah adalah ketetapan allah swt yang menuntut mukalaf (baligh dan berakal sehat) untuk melakukan atau meniggalkan suatu perbuatan.

hukum taklifi dibagi menjadi 5 yaitu:
a. Wajib
b. Sunnah
c. Haram
d. Makruh
e. Mubah

Soal No.5). Jelaskan yang dimaksud dengan Al-Qur’an menurut Istilah!

Jawaban:
Menurut istilah Al-Qur’an Kalam Allah yang merupakan Mukjizat yang di turunkan Kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril dan di turunkannya secara Mutawattir.

Soal No. 6). Sebutkan bentuk-bentuk Ijtihad!

Jawaban: Bentuk ijtihad dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut:
a. Ijma’: Ijma’ adalah kesepakatan para ulama mujtahid dalam memutuskan suatu perkara atau hukum. Ijma’ dilakukan untuk merumuskan suatu hukum yang tidak disebutkan secara khusus dalam kitab Al-Quran dan sunnah.
b. Qiyas: Qiyas adalah mempersamakan hukum suatu masalah yang belum ada kedudukan hukumnya dengan masalah lama yang pernah karena ada alasan yang sama.
c. Maslahah Mursalah: Maslahah Mursalah adalah cara dalam menetapkan hukum yang berdasarkan atas pertimbangan kegunaan dan manfaatnya.

Soal No. 7). Tuliskan Q.S Al-Isra, 17:9 beserta artinya!

Jawaban:

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar,

Soal No. 8). Apakah yang dimaksud Sunnah Fikliah?

Jawaban:
Sunah fi’liyah: perbuatan nabi yg berdasarkan tuntutan rabbani untuk ditiru & diteladani yg kemudian dinukilkan oleh para sahabat.

Soal No. 9). Jelaskan hukum melakukan Ijtihad!

Jawaban:
Ijtihad dalam Islam adalah mengerahkan kemampuan untuk mengetahui hukum syar’i dari dalil-dalil syari’atnya. Hukumnya wajib atas setiap orang yang mampu melakukannya karena Allah telah berfirman,
“Artinya : Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” [An-Nahl : 43, Al-Anbiya’ :

Soal No. 10). Sebutkan keistimewaan Al-Qur’an!

Jawaban:
a. Al Qur’an diturunkan oleh Allah dan langsung dipelihara oleh-Nya.
b. Kalam Al Quran bebas dari campur tangan manusia, apalagi setan.
c. Bersifat pembenar dari kitab-kitab sebelumnya.
d. Bersifat nasakh atau penghapus ketentuan dari kitab-kitab sebelumnya.
e. Diturunkan dalam bahasa Arab dan berulang-ulang.
f. Berlaku untuk seluruh umat manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *