Apakah Persamaan dan Perbedaan Angiospermae dengan Gymnospermae

Berikut ini admin akan mencoba menjelaskan mengenai beberapa hal yang menjadi persamaan dan perbedaan diantara Angiospermae dengan Gymnospermae. Walaupun artikel ini singkat, tetapi mudah-mudahan manfaatnya banyak sekali buat kamu semua. Okay, selamat menyimak ya.

Perbedaan Angiospermae dengan Gymnospermae

  1. Biji pada tumbuhan gymnospermae terbuka sehingga mampu terlihat dari luar di antara daun-daun. Sedangkan biji tumbuhan angiospermae tertutup daun buah hingga tidak bisa dilihat dari luar.
  2. Alat reproduksi pada gymnosperma yaitu strobilus. Strobilus adalah kumpulan sporofil yang membentuk struktur berupa kerucut pada ujung tunas fertile. Alat reproduksi pada angiosperma yaitu bunga yang terdiri dari putik sebagai alat kelamin betina dan benang sari sebagai alat kelamin jantan. Benang sari menghasilkan serbuk sari yang jika masuk ke dalam putik akan terjadi pembuahan.
  3. Proses pembuhan tumbuhan gymnospermae berupa pembuahan tunggal yang hanya terjadi satu kali pembuahan antara ovum (n) dan sperma (n). Pada pembuahan tunggal ada satu sel sperma yang membuahi satu sel telur hingga membentuk zigot. Proses pembuahan pada tumbuhan angiospermae berupa pembuahan ganda. Disebut pembuahan ganda karena ada dua inti sperma yang melebur. Pembuahan ganda berlangsung dua kali. yang pertama yaitu spermatozoa 1 membuahi ovum menghasilkan zigot (2n) yang berkembang menjadi biji, sedangkan yang kedua yaitu spermatozoa 2 membuahi kandung lembaga sekunder dan menghasilkan endospermae (3n) yang menjadi daging buah.
  4. Bentuk daun tumbuhan gymnospermae kaku dan sempit. Pada tumbuhan pakis haji misalnya yang bentuk daunnya menyerupai palem. Daunnya bersifat majemuk dan bentuk tulang daun yang tidak beragam. Bentuk daun tumbuhan angiospermae pipih dan lebar dengan susunan tulang daun yang bervariasi. Bentuk tulang daun tumbuhan dikotil ada yang menyirip dan menjari. Sedangkan bentuk tulang daun tumbuhan monokotil ada yang sejajar dan melengkung.
  5. Tumbuhan gymnospermae tak mempunyai ovarium. Sedangkan tumbuhan angiospermae memiliki ovarium berupa putik.

Persamaan Angiospermae dengan Gymnospermae

  1. Adanya perisikel
  2. Adanya bunga
  3. Bunga terdiri dari 2 daun sporofil, yaitu benang sari dan daun buah
  4. Dibentuk embrio dari sel telur yang telah dibuahi yang berada dalam ruang megaspora
  5. Dibentuk ikatan pembuluh kolateral

Ciri-ciri Gymnospermae adalah sebagai berikut:

  1. Bakal biji tidak terlindungi oleh daun buah.
  2. Pada umumnya perdu atau pohon, tidak ada yang berupa herba. Batang dan akar berkambium sehingga dapat tumbuh membesar. Akar dan batang tersebut selalu mengadakan pertumbuhan menebal sekunder. Berkas pembuluh pengangkutan kolateral terbuka. Xilem pada gymnospermae hanya terdiri atas trakeid saja sedangkan floemnya tanpa sel-sel pengiring.
  3. Mempunyai akar, batang, dan daun sejati.
  4. Bentuk perakaran tunggang.
  5. Daun sempit, tebal dan kaku.
  6. Tulang daun tidak beraneka ragam.
  7. Tidak memiliki bunga sejati.
  8. Alat kelamin terpisah, serbuk sari terdapat dalam strobilus jantan dan sel telur terdapat dalam strobilus betina.
  9. Struktur perkembangbiakan yang khas adalah biji yang dihasilkan bunga ataupun runjung. Setiap biji mengandung bakal tumbuhan , yaitu embrio yang terbentuk oleh suatu proses reproduksi seksual. Sesudah bertunas embrio ini tumbuh menjadi tumbuhan dewasa.
  10. Sperma atau sel kelamin jantan menuju kesel telur atau sel kelamin betina melalui tabung serbuk sari hanya terdapat pada tumbuhan berbiji.
  11. Tumbuhan biji mempunyai jaringan pembuluh yang rumit. Jaringan ini merupakan saluran menghantar untuk mengangkut air, mineral, makanan dan bahan – bahan lain.
  12. Tumbuhan berbiji terbuka memiliki pigmen hijau (klorofil) yang penting untuk fotosintesis yaitu suatu proses dasar pembuatan makanan pada tumbuhan.
  13. Gymnospermae memiliki batang yang tegak lurus dan bercabang-cabang. Daunnya jarang yang berdaun lebar, jarang yang bersifat majemuk, dan system pertulangan daunnya tidak banyak ragamnya. Hal ini sangat berbeda dengan karakteristik daun yang terdapat pada angiospermae yang sistem pertulangannya beraneka ragam.

Apa itu Angiospermae

Adalah tumbuhan dengan ciri biji tertutup oleh daun buah. Tumbuhan jenis ini juga dibedakan kedalam dua jenis yaitu dikotil dan monokotil. Angiospermae memiliki bunga yang sangat indah.

Ciri-Ciri Angiospermae adalah :

  • Daun umumnya lebar, tunggal atau majemuk
  • Habitat berupa pohon, herba, perdu, atau semak
  • Terdiri dari batang, bunga, daun, dan akar
  • Xylem terdiri dari trakeida dan trakea
  • Berakar serabut dan tunggang
  • Bakal biji akan dititp daun buah
  • Bentuk Daunnya pipih dengan tulang daun bermacam-macam
  • Putik dengan bakal biji didalamnya tidak tampak
  • Floem dengan sel-sel pengiring
  • Daun buah berdaging tebal
  • Terjadi pembuahan ganda
  • Alat reproduksi disebut bunga
  • Bentuk tulang daun bervariasi, bisa lurus, menjari, atau menyirip
  • Biji terlindungi oleh bakal buah
  • Bentuk dan ukuran tubuh yang bermacam-macam
  • Reproduksi secara generatif dan vegetatif
  • Bunga mempunyai kelopak, mahkota, benang sari dan putik
  • Batangnya ada yang mempunyai kambium dan ada juga yang tidak berkambium
  • Pembuahan dengan waktu singkat
  • Batang bercabang juga tidak bercabang
  • Mempunyai pembuluh xilem
  • Bunga yang tersusun dari sporofil dan bagian-bagiannya

Apa itu Gymnospermae

Adalah tumbuhan berbiji terbuka di mana bijinya tidak tertutup oleh dauh buah.Tumbuhan gymnospermae memiliki alat reproduksi yang berupa bunga strobilus.Pembuahan gymnospermae mengalami pembuahan tunggal. Gymnospermae tidak mempunyai aksesoris bunga. Contohnya : Pakis haji, Belinjo, Jambu mete, dan lain sebagainya.