Apakah Pengertian Senyawa Organik

Pengertian senyawa organik adalah sebagai senyawa yang dibangun oleh suatu unsur karbon sebagai suatu kerangka utamanya. Senyawa-senyawa ini umumnya berasal dari makhluk hidup atau yang sering disebut dengan organisme atau yang terbentuk oleh makhluk hidup.

Senyawa organik adalah golongan besar senyawa kimia yang molekulnya mengandung karbon, kecuali karbida, karbonat, dan oksida karbon. Studi mengenai senyawaan organik disebut kimia organik. Banyak di antara senyawaan organik, seperti protein, lemak, dan karbohidrat, merupakan komponen penting dalam biokimia.

Apa Perbedaan Senyawa organik dan organik

Bila Senyawa organik merupakan hasil aktivitas dari mahkluk hidup, sementara senyawa anorganik diciptakan baik oleh proses alami yang tidak berkaitan dengan bentuk hidup apa pun atau hasil dari percobaan manusia di lab. Senyawa anorganik bisa membuat garam, sementara organik tidak.

Manfaat dan Kegunaan Senyawa Organik dalam kehidupan sehari-hari

Dalam bidang pangan senyawa organik berfungsi sebagai nutrisi dan sebagai bahan tambahan makanan.  Contohnya adalah lemak, lemak merupakan senyawa organik yang biasa digunakan dalam pembuatan roti, kue, memberbaiki cita rasa. Selain memberikan nutrisi senyawa organik juga berfungsi sebagai bahan tambahan makanan contohnya adalah bahan pengawet seperti asam benzoate, asam propionate, natrium sorbat. Sebagai bahan pewarna contohnya annatto, kurkumin, karoten. Sebagai pemanis contohnya fruktosa, sakarin dan masih banyak lagi bahan tambahan makanan yang diperoleh dari senyawa organik.