Tingkatan Pahala Sedekah

Sedekah itu ada empat macam. Berpahala sepulu kali lipat, tujuh puluh kali lipat, 700 kali lipat, dan 7 ribu kali lipat.

  1. Sedekah yang berpahala 10 kali lipat adalah yang diberikan kepada orang-orang fakir.
  2. Sedekah yang memiliki pahala 70 kali lipat adalah yang diberikan kepada sanak famili.
  3. Sedekah yang memiliki 700 kali lipat adalah yang diberikan kepada kawan-kawan.
  4. Dan sedekah yang memiliki pahala 7 ribu kali lipat adalah yang diberikan kepada orang yang mencari ilmu.

Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 261:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[*] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.”

[*] Pengertian menafkahkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain.

Nabi Muhammad telah bersabda, “barang siapa yang memiliki harta hendaklah dia bersedekah dengan hartanya. Barang siapa yang memiliki ilmu hendaklah dia bersedekah dengan ilmunya. Dan barang siapa yang memiliki kekuatan hendaklah dia bersedekah dengan kekuatannya.”

Rasulullah juga bersabda, “Setelah Allah menciptakan bumi dia selalu bergerak dan bertambah panjang. Lalu Allahmenciptakan gunung-gunung dan meletakkannya di atas bumi itu, barulah bumi menjadi tenang. Melaikat-malaikat merasa heran terhadap kedahsyatan gunung. Berkatalah mereka, ‘Ya Tuhan, apakah di antara makhluk-Mu ada sesuatu yang lebih dahsyat dari gunung itu?’

Allah berfirman, ‘Ya ada, besi.’ Mereka bertanya, ‘Adakah diantara makhluk-Mu sesuatu yang lebih dahsyat dari besi?’ Allah berfirman, ‘Ya, ada, api.’ Mereka bertanya lagi, “Ya Tuhan, adakah di antara makhluk-Mu sesuatu yang lebih dahsyat daripada api?’ Allah berfirman, ‘Ya ada, air.’

Mereka bertanya lagi, ‘Ya Tuhan, adakah di antara makhluk-Mu sesuatu yang lebih dahsyat daripada air?’ Allah berfirman, ‘Ya ada, angin.’ Mereka bertanya lagi, ‘Ya Tuhan, apakah ada di antara makhluk-Mu sesuatu yang lebih dahsyat daripada angin?’ Allah berfirman, ‘Ya, ada, anak cucu Adam yang bersedekah suatu sedekah dengan tangan kanannya dan dirahasiakannya dari tangan kirinya. itulah yang lebih dahsyat daripada angin.”

Sedekah yang disebutkan dalam hadits di atas lebih dahsyat daripada yang paling dahsyat dibanding hal-hal yang lainnya, karena sedekah dengan cara rahasia dapat memadamkan kemurkaan Allah yang tidak dapat dilawan dengan sesuatu apapun. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 271, “Dan jika kamu menyembunyikn serta kamu memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu.”

Hal inilah yang menyebabkan orang-orang pada zaman dahulubersungguh-gungguh dalam berusaha menyembunyikan sedekah mereka dari pandangan orang banyak. Sehingga ada sebagian dari mereka yang sengaja mencari orang fakir yang buta agar tidak diketahui seorang pun siapakah orang yang telah bersedekah itu.

Sebagian lagi mengikat sedekahnya pada pakaian orang fakir yang sedang tidur. Dan yang lain bahkan melemparkan sedekahnya di jalan yang dilalui orang fakir agar diambilnya.

 

Sumber: Durrotun Nasihin