Bahaya Sifat Dengki

Dengki itu sangat berbahaya, dan kita harus mengetahui bahaya-bahaya atau akibat yang ditimbulkan dari sifat dengki ini. Ada 8 macam hal atau bencana yang diakibatkan oleh sifat dengki, yaitu:

Dengki merusak perbuatan taatnya kepada Allah.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad bersabda, “Hati-hatilah terhadap dengki, karena dengki itu menghancurkan kebaikan seperti halnya api melahap kayu dan rumput.” Atau malah menyebabkan kekafiran.

Dengki mendorong seseorang untuk melakukan maksiat.

Orang yang dengki tidak akan lepas dari menggunjing, berbohong, memaki dan bergembira karena musibah orang lain menurut kebiasaannya.

Dengki menyebabkan terhalang atau tidak mendapatkan syafaat.

Nabi Muhammad bersabda, “Tidaklah termasuk golonganku orang yang mempunyai kedengkian, tidak pula orang yang memiliki sifat adu domba dan tidak pula orang yang ahli perdukunan (nujum), dan akupun tidak termasuk golongannya.”

Kemudian beliau membaca surat Al Ahzab ayat 58, “Orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin laki-laki dan orang-orang mukmin perempuan dengan apa yang tidak pernah mereka kerjakan, maka benar-benar mereka memikul bebannya dan dosa yang nyata.”

Orang yang dengki akan masuk neraka

Nabi Muhammad bersabda, bahwa ada enam orang yang akan masuk neraka disebabkan oleh enam hal pula.” Kemudian ditanyakan kepada beliau, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” beliau bersabda:

  1. Penguasa-penguasa karena berbuat dzalim.
  2. Orang Arab karena kefanatikan.
  3. Kepala-kepala kampung karena sombong.
  4. Pedagang-pedagang karena khianat.
  5. Orang-orang desa karena kebodohan (tidak mengenal aturan agama).
  6. Ulama-ulama karena kedengkian.

Dengki menyebabkan seseorang mengerjakan sesuatu yang membahayakan orang lain

Oleh karena itu Allah swt memerintahkan agar kia memohon perlindungan dari kejahatan orang yang dengki, sebagaimana Dia memrintahkan kepada kita untuk memohon perlindungan dari kejahatan setan yang terkutuk. Allah berfirman dalam surat Al Falaq ayat 5, “Dan dari kejahatan orang yang dengki ketika dia dengki.”

Nabi Muhammad bersabda, “Gunakanlah sebagai sarana untuk memnuhi hajatmu dengan bersembunyi. Karena setiap orang yang mendapat nikmat akan mengundang kedengkian.

Bersusah payah dan prihatin tanpa ada faedahnya bahkan berdosa dan durhaka

Menurut Ibnu Simmak, “Aku tidak pernah melihat ada orang yang berbuat aniaya lebih mirip dengan orang yang dianiaya daripada orang dengki, karena dia selalu bersusah payah, pikirannya bingung dan kesusahan yang melekat.”

Dengki menyebabkan hati buta

Hatinya buta hingga hampir-hampir tidak mengenal lagi hukum-hukum Allah. Sufyan berkata, “Janganlah engkau menjadi orang yang dengki, tentu engkau akan menjadi orang yang cepat daya tangkapnya.”

Dengki menyebabkan kegagalan dan kehinaan

Maksudnya adalah hampir-hampir tidak pernah berhasil keinginannya, karena itulah ada pepatah yang mengatakan orang yang dengki tidak akan menjadi mulia.”

 

Sumber: Durrotun Nasihin