Rukun islam dan rukun iman

Rukun islam

Rukun islam itu ada lima, yaitu:

  1. Membaca dua kalimat syahadat.
  2. Mendirikan shalat.
  3. Mengeluarkan zakat
  4. Puasa pada bulan ramadhan.
  5. Mengerjakan haji ke Baitullah bagi orang yang mampu untuk menunaikannya.

Di bawah ini adalah hadis yang menerangkan tentang rukun islam.

Dari Ibnu Umar juga telah berkata: “ketika kami duduk dekat Rasulullah pada suatu hari mka sekonyong-konyong nampaklah kepada kami seorang laki-laki yang memakai pakaian yang sanagt putih dan berambut sangat hitam, tak terlihat padanya bekas (tanda-tanda) perjalanan dan tak ada seorang pun di antara kami yang mengenalnya, maka duduklah ia di hadapan Nabi, lalu disandarkanlah lututnya pada lutut Nabi dan meletakkan tangannya di atas paha Nabi, kemudian berkata, ‘Hai Muhammad terangkanlah padaku tentang islam!’

Maka Rasulullah menjawab, ‘islam itu yaitu hendaklah engkau menyaksikan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad itu utusan Allah. hendaklah engkau mendirikan shalat, dan hendaklah engkau berpuasa dalam bulan ramadhan dan hendaklah engkau mengerjakan haji ke Baitullah (Mekah) jika engkau kuasa menjalaninya…. (HR Muslim)

Rukun Iman

Sedangkan rukun iman itu semuanya ada 6, yaitu:

  1. Beriman kepada Allah.
  2. Beriman kepada malaikat-Nya.
  3. Beriman kepada kitab-kitab-Nya.
  4. Beriman kepada para utusan-Nya.
  5. Beriman kepada hari akhir (kiamat).
  6. Beriman kepada qadar baik dan buruknya dari Allah.

Hadis yang menerangkan rukun iman yaitu:

dari Umar juga telah berkata, …. maka bertanya lagi orang itu, “Maka bentangkanlah kepadaku tentang iman.” Nabi Menjawab, “Hendaklah engkau beriman kepada Allah, kepada malaikat-Nya, kepada kitab-kitab-Nya, kepada utusan-utusan-Nya, kepada hari kiamat, dan hendaklah engkau beriman kepada qadar yang baik dan yang buruk.”