Keutamaan menunjukkan dan menganjurkan kebaikan kepada orang lain

Amar ma’ruf nahi munkar merupakan sebuah perbuatan yang sangat bagus sekali, dan sangat dianjurkan oleh syariat islam. Banyak sekali dalil yang menerangkan hal ini. Beberapa diantaranya akan disebutkan di bawah ini.

Allah swt berfirman dalam surat Al Maidah ayat 2, “Dan tolong-menolonglah kalian dalam mengerjakan kebajikan dan takwa.”

Diriwayatkan di dalam kitab Shahih Muslim melalui Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, yang menceritakan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda:

Barang siapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya pahala semisal dengan pahala orang-orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka barang sedikitpun. Dan barang siapa yang mengajak kepada kesesatan, maka atas dirinya dosa semisal dengan dosa orang-orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka barang sedikit pun.

Diriwayatkan di dalam kitab Shahih Muslim melalui Abu Mas’ud Al Anshari Al Badri radhiyallaahu ‘anhu yang menceritakan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda:

Barang siapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala semisal dengan pahala orang yang mengerjakannya.

Diriwayatkan di dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim melalui Sahl ibnu Sa’ad radhiyallahu ‘anhu yang menceritakan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda:

Demi Allah, sesungguhnya jika Allah memberikan petunjuk kepada seseorang melaluimu, lebih baik bagimu daripada ternak unta yang merah.

Rasulullah saw pernah bersabda:

Allah selalu menolong hamba-Nya selagi hamba yang bersangkutan selalu menolong saudaranya.