Perkara Yang Bisa Menambah Hafalan Didalam Hati dan Menghilangkan dahak

Keterangan yang diterima dari Sayyidina Ali karamallaahu wajhah wa radhiya ‘anhu, beliau berkata: “Tiga perkara akan nambah-nambah hafalan, maksudnya di dalam hati, dan akan menghilangkan dahak (bulgham). Bulgham itu adalah salah satunya tabi’at yang empat, yaitu yang pertama bulgham, yang kedua dam (darah), yang ketiga shada’ dan yang keempat shafra’.

Tiga perkara tersebut adalah yang pertama nyusur, yang kedua puasa, dan yang ketiga membaca Al Quran.”

Nyusur adalah membersihkan gigi dengan cara menggosok-gosoknya, bisa dengan kayu siwak atau apa pun. Nyusur ini sunnah dilakukan ketika akan melaksanakan shalat, baik itu shalat fardhu maupun sunnah, atau ketika akan mulai membaca Al Quran.

Puasa itu adalah suatu perkara yang sangat dianjurkan sekali, karena mengandung manfaat yang sangat besar. Puasa itu ada yang diwajibkan yaitu puasa di bulan ramadhan, dan ada puasa yang di sunnahkan, seperti puasa di hari senin dan kamis, puasa Nabi Dawud, puasa tiga hari di setiap bulan hijriyah (di awal, pertengahan, dan di akhir bulan), puasa 6 hari di bulan syawal, dan lain-lain.

Setiap muslim dianjurkan untuk sering membaca Al Quran, dalam setiap waktu dan secara rutin. Al Quran merupakan mukjizat Nabi Muhammad yang paling besar, di dalamnya tercakup semua hal untuk dijadikan penuntun manusia. Apabila umat islam bisa melakukannya secara rutin (membacanya), maka akan dapat memberikan manfaat yang sangat besar sekali di dunia maupun di akhirat.

 

Sumber: Kitab Nashaihul ‘ibaad karangan Syeikh Muhammad Nawawi bin ‘umar