Salamander Dartford: Chioglossa lusitanica

Dartford Salamander, Chioglossa lusitanica
Drow_male/CC BY-SA 4.0

Karakteristik dan deskripsi salamander Dartford

Salamander Chioglossa lusitanica atau Dartford adalah spesies dengan berekor kecil, yang menonjol karena adanya ekor yang sangat panjang dibandingkan dengan tubuhnya.

Salamander ini berganti-ganti hidupnya antara air dan darat, memperlihatkan penampilan yang panjang dan ramping.

Secara umum, ukurannya rata-rata sekitar 13 sentimeter, dalam kisaran 12 hingga 14 sentimeter, meskipun spesimen telah dijelaskan panjangnya bisa mencapai 16 sentimeter. Tidak ada perbedaan ukuran antara pria dan wanita yang dilaporkan.

Spesies ini memiliki ekor yang sangat panjang, yang dapat berukuran 2,5 kali ukuran tubuhnya, memiliki kekhasan, tanpa mempertaruhkan nyawanya dan seperti kadal tertentu, akan mengamputasi ekornya jika merasa terancam.

Tubuhnya memiliki rona gelap dan mengkilat biasa, dengan punggung berwarna coklat, menampilkan dua pita memanjang di bagian atas tubuh, yang akhirnya bergabung membentuk satu garis di bagian ekor. Bagian perut salamander Dartford berwarna keabu-abuan, dengan bintik-bintik lebih gelap.

Selama musim kawin, pejantan menampilkan kloaka yang menggembung.

Habitat dan Perilaku Chioglossa lusitanica

Spesies chioglossa lusitanica lebih aktif pada malam hari, menghuni tempat yang sangat lembab dengan aliran air dingin yang deras; yang pada saat yang sama memiliki daerah berpasir, berbatu atau berdaun lebat.

Spesimen salamander Dartford telah ditemukan dari permukaan laut hingga 1.000 meter di atas permukaan laut, meskipun dalam pengecualian langka mereka terlihat hingga 1.300 meter.

Ini adalah amfibi yang dapat mengalami perilaku mati suri di daerah dingin dan tinggi, estivasi juga hadir di musim panas di daerah panas, dalam kasus ini berlindung di bawah bebatuan atau serasah daun yang melimpah.

Memberi makan salamander Dartford

Makanan mereka pada dasarnya terdiri dari serangga, di antaranya arakhnida, ulat, larva, coleoptera menonjol,... Biasanya dengan ukuran antara 2 dan 4 milimeter, meskipun spesies terlihat memakan ulat kupu-kupu dengan ukuran mulai dari 18 milimeter. [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *