Tarpon : Alosa alosa, ikan yang bermigrasi ke air tawar

Tarpon, Alosa alosa

Karakteristik tarpon

Alosa alosa adalah ikan berukuran sedang yang dapat ditemukan di perairan laut, serta di perairan dangkal sungai besar. Dalam bahasa sehari-hari lebih dikenal sebagai sábalo .

Spesies ini memiliki tubuh yang kompak, dikompresi secara lateral dan dengan banyak panjang vertikal, dapat berukuran antara 30 dan 70 sentimeter dari kepala hingga ekor, meskipun spesimen terbesar yang dijelaskan berukuran sekitar 83 sentimeter dan beratnya sekitar 4 kilogram.

Alosa alosa memiliki tubuh bersisik, dengan ujung melingkar (sikloid) dan besar, naungannya dapat memiliki hingga 86 sisik yang tersusun dalam garis membujur.

Tubuh tarpon mengeluarkan rona yang berubah dari abu-abu kehitaman menjadi merah muda, dengan bagian belakang tampak lebih gelap yang menjadi lebih terang hingga ke area perut, yang biasanya berwarna keputihan. Ia memiliki mata samping yang besar, di belakangnya biasanya terdapat tanda kehitaman, dan mulut besar bergigi. Itu tidak memiliki garis lateral.

Tarpon memiliki sirip punggung kecil di bagian tengah punggung, sepasang sirip dada kecil, diikuti oleh beberapa sirip perut sedang dan sirip dubur pendek. Sirip ekor kuat dan homocerca.

Habitat dan perilaku tarpon

Alosa alosa adalah spesies ikan yang biasanya menghuni air tawar dan air asin (anadromous), biasanya berada di air asin, dan hanya hidup di air tawar selama tahap benih atau pada saat pemijahan. Namun, populasi fluvial eksklusif telah ditemukan.

Dalam perilaku tarpon, perlu dicatat bahwa mereka hanya kembali ke sungai dari laut selama masa pemijahan, yaitu saat spesimen naik ke sungai besar, tanpa makan selama pendakian, dengan tujuan untuk bereproduksi. Sebagian besar spesimen mati tanpa bisa kembali ke laut.

Alosa makan alosa

Makanan tarpon sebagian besar terdiri dari krustasea kecil, dari jenis planktonik saat berada di perairan asin.

Reproduksi dan perkembangan benur

Anggota spesies tersebut pergi ke perairan sungai besar untuk bertelur di perairan dangkal, selalu pada malam hari, antara bulan Mei dan Juni. Betina menyimpan 100.000 hingga 650 [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *