Taksonomi singa, Panthera leo, karakter morfologi dan genetik

Saat ini, dengan menggunakan karakter molekuler, ada konsensus umum tentang taksonomi singa yang mempertimbangkan spesies saat ini yang kita ketahui dan subspesies singa lain yang sudah punah, yang menghuni Pleistosen dengan distribusi di berbagai benua.

Taksonomi singa adalah dasar fundamental yang dapat memfasilitasi studi evolusi, identifikasi subspesies, dan penerapan rencana pengelolaan dan konservasi untuk populasi terancam. Saat ini, karakter genetik dan morfologi non-invasif digunakan, berguna dalam klasifikasi dan identifikasi spesies kucing, seperti halnya subjek yang ada.

Tujuan dari artikel ini berusaha untuk mendokumentasikan taksonomi singa, menekankan karakter utama yang digunakan dalam klasifikasi kucing ini dan beberapa perspektif masa depan dalam studi taksonomi kelompok ini.

taksonomi singa

Singa termasuk dalam ordo mamalia yang disebut Carnivora, semuanya dikelompokkan dalam keluarga Felidae, lebih khusus lagi dalam subfamili Pantherinae. Di dalam genus Panthera spp, selain mengelompokkan spesies macan tutul dan jaguar, juga termasuk spesies Panthera leo , yang mengacu pada singa yang kita kenal sekarang dan semua subspesies singa yang sudah punah. Analisis filogenetik baru-baru ini menggunakan karakter molekuler mendukung klasifikasi taksonomi kucing dari subfamili Pantherinae, termasuk singa saat ini dan subspesies singa punah lainnya.

Mengenai klasifikasi dan taksonomi singa, spesies Panthera leo, atau singa saat ini yang kita kenal, menghadirkan beberapa subspesies yang sudah punah.

Subspesies yang punah bernama Panthera leo fossilis , dihuni pada awal Pleistosen Tengah di gua-gua Eropa. Subspesies lain yang telah punah, Panthera leo vereshchagini , juga menghuni zaman Pleistosen, tetapi penyebarannya terbatas pada gua-gua di Siberia Timur dan Beringia. Sementara itu, Panthera leo atrox juga hidup pada masa itu, dan dikenal sebagai singa gua Amerika Utara. Sebaliknya, spesies Panthera leo spelaea menghuni gua-gua Eropa selama Pleistosen Akhir.

Dalam klasifikasi singa saat ini, kami juga harus menyoroti Panthera leo persica yang telah punah , subspesies singa yang menghuni Asia selatan [...]