taksonomi hewan. Sistem klasifikasi

Hewan vertebrata

Ada banyak makhluk hidup, perbedaannya sangat besar, baik dari segi pola makan, morfologi, reproduksi, dll. Taksonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi makhluk hidup.

Hewan , dari perspektif klasik atau Linnean , telah diatur ke dalam taksa yang diatur secara hierarkis.

Takson adalah kelompok yang mencakup sekumpulan spesies dengan karakteristik tertentu. Sistem klasifikasi ini diciptakan oleh naturalis Carl von Linnaeus; walaupun saat ini ada metode atau sistem klasifikasi lain, yang menggabungkan teknik yang sangat maju, seperti analisis DNA.

Hirarki takson

Kategori taksonomi disusun secara hierarkis, yang terluas adalah kerajaan yang mengelompokkan banyak individu, meskipun dengan sedikit karakteristik yang sama.

Misalnya, kerajaan hewan mencakup banyak hewan tetapi dengan sedikit kesamaan karakteristik, dalam kategori spesies lebih sedikit individu yang dikelompokkan, tetapi dengan banyak kesamaan karakteristik.

Singkatnya, kategori taksonomi mengacu pada tingkat hierarki tempat takson berada: misalnya, serigala, C anis lupus , adalah spesies, yang pada gilirannya terintegrasi ke dalam genus Canis, famili Canidae , ordo Carnivora ... Jika Kami amati, ordo Carnivora mengintegrasikan individu lain seperti beruang dan kucing, karena tingkat hierarkisnya lebih rendah, kelompoknya lebih kecil, memiliki lebih banyak karakteristik yang sama.

kategori taksonomi

Domino > Kerajaan > Filum atau divisi > Kelas > Ordo > Famili > Genus > Spesies

Apa itu spesies di dunia hewan?

Suatu spesies mengelompokkan hewan-hewan dengan ciri-ciri yang sama dan yang akibatnya dapat bereproduksi, selain itu keturunannya akan subur. Ada kemungkinan hewan dari spesies yang berbeda juga dapat kawin silang, meskipun dalam banyak kasus keturunannya mandul [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *