Sphaeramia nematoptera: pajama cardinalfish

Sphaeramia nematoptera

Nama yang umum

Piyama kardinal, Spotted bream, Pajama cardinalfish, Pajama cardinal.

Lokasi geografis

Sphaeramia nematoptera , ikan kardinal piyama atau ikan air tawar tutul , tersebar di perairan Indo-Pasifik.

Fitur dan deskripsi

Ikan ini dicirikan oleh adanya mata yang sangat besar untuk ukurannya. Mereka bisa mencapai panjang rata-rata sekitar delapan sentimeter; mereka memiliki garis hitam vertikal yang melintasi bagian tengah tubuh mereka, di bagian bawah mereka memiliki banyak bintik atau bintik-bintik berwarna coklat kemerahan. Bagian tubuh lainnya bergantian warna hijau, kuning dan perak.

kebiasaan atau kebiasaan

Ikan kardinal pijana menghuni perairan laut terumbu karang pada kedalaman antara satu hingga empat belas meter. Ia hidup dalam kelompok yang berasosiasi dengan karang seperti spesies Porites nigrescens . Kebiasaannya aktif di malam hari, pada siang hari ia kurang aktif bersembunyi di antara naungan terumbu karang, karang, alga, dan bahkan duri spesies bulu babi tertentu.

Reproduksi Sphaeramia nematoptera

Di penangkaran mereka berhasil bereproduksi, mereka adalah ikan ovovivipar. laki-laki membantu dalam reproduksi dengan mengeram mulut. Dimorfisme seksual tidak terlalu terlihat pada hewan-hewan ini.

Makanan

Di habitat aslinya, ikan kardinal piyama sering mengonsumsi invertebrata air kecil. Di penangkaran mereka mentolerir udang air asin, mysis, makanan seimbang untuk ikan karnivora, dll.

Kompatibilitas dengan ikan lain

Mereka adalah ikan damai yang dapat hidup bermasyarakat, bahkan di alam liar mereka hidup berkelompok. Mereka juga cocok dengan spesies lain, selama mereka bukan hewan yang bisa menjadi mangsa empuk ikan kardinal piyama, perlu diingat bahwa mereka adalah perenang yang lambat.

Akuarium dan pengolahan air

Ikan kardinal piyama cocok untuk hidup di akuarium karang, ukuran tangki harus lebih besar dari 100 liter air, mengingat mereka adalah ikan yang harus hidup dalam komunitas, misalnya kelompok yang terdiri dari lima hingga enam spesimen. Dengan perawatan yang baik, ini adalah ikan tangguh yang beradaptasi sangat baik dengan kehidupan di penangkaran [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *