Katak Moor, badut dengan tubuh yang kuat dan mengintimidasi

Moorish Toad (gailhampshire/CC BY 2.0)

Kodok Moor adalah spesies yang termasuk dalam keluarga taksonomi Bufonidae. Mereka besar, kokoh, dengan penampilan yang bisa mengintimidasi siapa pun. Amfibi ini terletak di Afrika Utara, meskipun ada data bahwa ada individu yang diperkenalkan di selatan Semenanjung Iberia, di wilayah Spanyol, tetapi tidak cukup untuk memperkirakan kepadatan populasinya.

Ia juga dikenal dengan nama ilmiahnya: Sclerophrys mauritanica , meskipun dalam banyak teks ia muncul sebagai Amietophrynus mauritonicus atau Bufo mauritanicus .

Karakteristik fisik katak Moor

Kodok Moor memiliki penampilan yang kuat dan mengintimidasi. Warna dasarnya adalah oker yang sangat terang. Ini memiliki sejumlah besar bintik hitam yang terdefinisi dengan baik, dibatasi oleh garis hitam.

Kelenjar parotisnya besar, sangat mencolok. Pupilnya mendatar, irisnya berwarna keemasan.

Ada dimorfisme seksual di antara spesimen-spesimen ini, yang terutama ditandai oleh ukuran. Jantan biasanya berukuran kurang lebih 130 mm total panjang (TL), sedangkan betina bisa mencapai 160 mm.

Selama musim kawin, jenis kelamin juga dapat dibedakan, kantung vokal besar terlihat pada jantan di pangkal rahangnya. Ini memungkinkan Anda untuk memodulasi dengan kekuatan yang lebih besar. Demikian pula, laki-laki mengembangkan kapalan pernikahan di jari kaki depan mereka.

Kebiasaan kodok Moor dan penyebarannya

Distribusi kodok Moor

Kodok Moor terbatas hanya di Afrika Utara; namun, ada data tentang populasi yang dibawa ke selatan wilayah Spanyol, khususnya di Cádiz. Dengan cara yang sama, ada catatan penampakan di beberapa daerah terpencil menuju Laut Mediterania, namun dalam kasus terakhir datanya tidak mencukupi, sehingga ekstrim seperti itu tidak dapat dibuktikan.

Habitatnya adalah daerah kering, dengan sedikit vegetasi, dengan preferensi relatif untuk daerah kering bukit pasir dan scree. Itu mentolerir daerah-daerah dengan intervensi antropik, pada kenyataannya mereka telah terlihat di pusat-pusat perkotaan yang padat penduduk [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *