Sanopus splendidus ‘ katak yang luar biasa

Sanopus splendidus , ikan katak yang luar biasa

Nama yang umum

Sanopus splendidus Ini dikenal sebagai kodok yang luar biasa , dalam bahasa Inggris Coral toadfish, Splendid toadfish.

Fitur dan deskripsi

Ini mungkin salah satu ikan kodok dengan warna yang paling menarik, karena sebagai aturan umum, spesies yang termasuk dalam ordo Batrachoidiformes ini memiliki warna yang redup, kecuali genus Sanopus .

Sanopus splendidus atau katak yang luar biasa menonjol karena sirip kuningnya, bagian panggul secara keseluruhan, sisanya yang kuning memanjang menuju bagian terakhirnya. Sirip punggung dan perut memanjang, sirip ekor membulat serta dada. Mulutnya besar dan bulat, dilengkapi dengan sungut, matanya juga bervolume.

Garis-garis yang memanjang dari sisi ke sisi kepala menonjol, bergantian warna hitam dengan warna lain yang lebih terang. Bagian tubuh lainnya menampilkan pola karakteristik dengan tanda yang tidak beraturan. Panjang maksimum yang tercatat adalah 24 cm.

Habitat dan adat istiadat. Perilaku

Ini adalah ikan air asin tropis, berasosiasi dengan terumbu karang dengan kedalaman berkisar antara 8 hingga 25 m, meskipun rata-rata biasanya sedikit lebih rendah. Frogfish yang luar biasa selalu tinggal di wilayah geografis yang sama, itu bukan ikan yang bermigrasi. Ia suka tinggal di antara bebatuan untuk mencari perlindungan, karena merupakan spesies yang tidak terlalu aktif.

Reproduksi frogfish yang luar biasa

Ada sedikit data biologis terkait reproduksinya, karena ini digambarkan sebagai spesies yang agak langka. Telah dikemukakan bahwa karena telur demersal dan tidak adanya fase pelagis, hal itu membuat penyebaran dan pertukaran organisme menjadi langka, sehingga materi genetiknya cukup buruk pada spesies ini.

Memberi makan Sanopus splendidus

Mereka memberi makan terutama pada ikan kecil, juga pada invertebrata seperti siput dan polychaetes. Seperti semua frogfish, ia tetap tidak bergerak dan berkamuflase dengan lingkungannya, sampai mangsanya mendekat dan ia dapat menangkapnya dengan gerakan kepala yang tiba-tiba.

Distribusi geografis. Konservasi

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *