Cara menggabungkan beberapa file audio menjadi satu, menggunakan Audacity dan mengekspornya ke file baru

Dari waktu ke waktu kita perlu menggabungkan beberapa file audio, jika berasal dari berbagai sumber, untuk sejumlah persyaratan. Terkadang, meskipun kita memiliki beberapa file musik, kita perlu menggabungkannya dan mengekspornya sebagai satu file audio. Ada banyak alat yang tersedia untuk menggabungkan 2 atau lebih file audio, dan salah satu program terbaik yang dapat digunakan untuk tujuan itu adalah Audacity. Audacity adalah aplikasi pengeditan audio sumber terbuka yang tersedia untuk sebagian besar platform utama seperti Windows, Linux, dan Mac. Selain membantu Anda menggabungkan beberapa file audio, Anda bahkan dapat menggunakan Audacity untuk melakukan sejumlah aktivitas lain pada file audio yang ada.

Ketika datang ke Audacity, Anda dapat menggabungkan beberapa file audio meskipun masing-masing tersedia dalam berbagai format. Tetapi setelah penggabungan selesai, Anda akhirnya dapat mengekspor audio sebagai file audio tunggal dan Anda dapat memilih format yang paling sesuai tergantung pada kebutuhan Anda. Sebelum Anda akhirnya menggabungkan file audio, Anda bahkan dapat memotong bagian yang tidak diinginkan, sehingga Anda bisa mendapatkan file audio output yang paling sesuai. Bahkan ada opsi untuk menambahkan efek seperti keheningan, suara Anda sendiri sehingga masing-masing dapat dikenali jika menurut Anda itu penting.

Jadi, tanpa penundaan, mari kita mulai dengan bagaimana Anda dapat menggabungkan beberapa file audio menjadi satu file.

Menggabungkan beberapa file audio menjadi satu dengan Audacity

Langkah 1: Buka Audacity di komputer Anda, dan buka file ‘File’, dan pilih ‘Audio‚Ķ’ di bawah ‘Import’.

Menggabungkan beberapa file audio menjadi satu dengan Audacity

Langkah 2: Anda bahkan dapat menekan tombol pintas ‘Ctrl + Shift + I’ untuk langsung mulai mengimpor file audio ke audacity.

Langkah 3: Sekarang, navigasikan ke folder tempat file audio berada. Seperti yang Anda temukan, Anda dapat mengimpor beberapa file audio sekaligus, dan tidak masalah format audio mana yang digunakan. Anda dapat mengimpor beberapa file audio, meskipun masing-masing memiliki format yang berbeda.

Langkah 4: Cukup pilih file audio yang ingin Anda impor, dan klik ‘Buka’.

arahkan ke folder tempat file audio ada

Langkah 5: Jika Anda mencoba mengimpor file audio yang tidak terkompresi, Anda akan diminta untuk membuat salinan file audio, sehingga file tersebut aman. Itu akan membuat aksesibilitas sedikit lebih lambat, namun, jika Anda menginginkan kinerja yang cepat, Anda dapat mengakses file audio yang tidak dikompresi tanpa membuat salinan. Jadi, pilih saja opsi yang sesuai sesuai kebutuhan Anda, tetapi saya akan merekomendasikan Anda untuk menggunakan pengaturan default seperti yang direkomendasikan oleh Audacity. Cukup klik ‘OK’, jika pesan tentang audio yang tidak terkompresi muncul, untuk menyelesaikan proses impor.

impor file audio yang tidak terkompresi

Langkah 6: Sekarang, Anda dapat menemukan bentuk gelombang dari file audio individual s, namun, Anda bahkan dapat meminimalkan bentuk gelombang, dengan panah kecil, sehingga Anda dapat menemukan daftar semua file audio yang diimpor.

temukan bentuk gelombang dari masing-masing file audio

Langkah 7: Jika Anda telah mengimpor beberapa file audio, dan Anda tidak dapat melihatnya dalam satu halaman, Anda dapat mengubah tampilan dengan mengeklik ‘Sesuai dengan Lebar’ dan ‘Sesuai dengan Tinggi’, di bawah ‘Ukuran Lacak’, dari ‘ Lihat’ menu.

mengimpor beberapa file audio

Sekarang Anda dapat mendengarkan file audio individual, dan memangkas bagian audio yang tidak Anda inginkan.

Langkah 8: Untuk melakukannya cukup pilih bagian audio yang ingin Anda hapus, dalam bentuk gelombang, dan tekan tombol hapus. Ya, semudah itu menghapus bagian file audio yang tidak diinginkan menggunakan audacity.

potong bagian audio itu

Langkah 9: Setelah Anda menghapus semua bagian klip audio yang tidak diinginkan, sekarang saatnya Anda menggabungkan semua klip sehingga dapat diekspor sebagai satu file audio.

Langkah 10: Untuk melakukannya, buka ‘Tracks’, dan klik ‘Stereo Track’, di bawah ‘Add New’.

menghapus semua bagian klip audio yang tidak diinginkan

Langkah 11: Sekarang pilih bentuk gelombang lengkap dari masing-masing klip audio, salin dengan menggunakan tombol Pintasan ‘Ctrl + C’, atau dengan menggunakan ‘Salin’, di bawah ‘Edit’.

bentuk gelombang lengkap dari klip audio individu

Langkah 12: Kemudian, pilih trek audio kosong baru yang Anda buat, dan tekan tombol ‘Ctrl + V’, atau pilih ‘Tempel’ di bawah ‘Edit’.

pilih trek audio kosong baru yang dibuat

Langkah 13: Sekarang, salin dua file lainnya, dan tempel di akhir file audio yang baru dibuat, satu demi satu, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

file audio yang baru dibuat dengan Audacity 100

Langkah 14: Sebelum menempelkan klip baru, Anda bahkan dapat meninggalkan celah kecil untuk menambahkan suara Anda sendiri atau konten audio kecil lainnya, jika Anda ingin melakukannya. Untuk melakukannya, cukup klik pada trek audio yang baru dibuat, setelah meninggalkan celah kecil, di mana file audio terakhir berakhir. Tempel file audio berikutnya setelah itu, dan itu akan secara otomatis ditempatkan mulai dari titik yang dipilih, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

menempelkan klip baru dengan Audacity 105

Langkah 15: Sekarang, cukup tutup file audio lain yang diimpor oleh Anda, menggunakan tombol silang, dan hanya menyimpan file audio terakhir, yang telah Anda buat.

cukup tutup file audio lainnya yang diimpor

Langkah 16: Sekarang Anda akhirnya dapat mengekspor file dengan mengklik ‘Ekspor’, di bawah ‘File’, dan kemudian dengan memilih format yang sesuai untuk mengekspor yang sama.

akhirnya ekspor file yang baru bergabung dengan Audacity 130

Langkah 17: Jika Anda mencari kompatibilitas yang luas, Anda dapat mengekspor file sebagai MP3 atau OGG, atau Anda bahkan dapat mengekspor yang sama dengan WAV, tetapi Anda harus berkompromi pada kompatibilitas, dengan melakukan itu. Saya mengekspor file ke MP3, dan dengan demikian, memilih opsi yang sesuai.

Langkah 18: Cukup pilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan file, dan pilih nama file, sebelum Anda akhirnya mengklik ‘Simpan’.

pilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan file

Dengan cara ini, Anda dapat menjaga trek yang sebenarnya tetap utuh, bahkan setelah menggabungkannya, karena audio yang digabungkan diekspor ke file audio baru. Audacity adalah pembangkit tenaga listrik untuk bermain dengan file audio, dan ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi hebat ini. Apakah Anda memiliki hal lain untuk dikatakan? Jangan ragu untuk mengomentari hal yang sama di bawah ini.

Related Posts

© 2023 News Fiqihislam