Apa yang dilakukan Manajer Hotel?

Manajer hotel mengawasi staf dan operasi hotel.

Manajer hotel mengawasi semua staf dan bertanggung jawab atas semua operasi hotel. Dia biasanya memiliki setiap kepala departemen yang melapor kepadanya, seperti kepala rumah tangga, sumber daya manusia , dan akuntansi, ditambah pengawas dapur dan meja depan. Manajer tipikal memiliki hari kerja yang sibuk yang melibatkan komunikasi dengan staf dan tamu, mengamati seberapa baik segala sesuatunya berjalan, membuat perbaikan yang diperlukan dalam fasilitas atau staf, dan selalu berusaha mempertahankan atau meningkatkan keuntungan hotel sambil tetap pada anggaran .

Manajer hotel melacak staf untuk memastikan kamar bersih dan siap untuk tamu sebelum kedatangan.

Sebagian besar manajer hotel tidak menghabiskan seluruh hari kerja dengan duduk di kantor. Sebaliknya, mereka secara aktif mengamati bagaimana staf berinteraksi dengan tamu hotel dan dapat memeriksa halaman setiap hari untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik dan tidak diperlukan perbaikan. Itu juga tugasnya untuk memastikan bahwa eksterior dan interior hotel dipertahankan dan dia juga dapat memulai atau menyetujui pekerjaan perbaikan dekorasi selama itu sesuai dengan anggaran.

Kepala setiap departemen biasanya melapor kepada manajer hotel.

Supervisor departemen menangani masalah dan keluhan dan memberi tahu manajer hotel tentang segala sesuatu yang terjadi. Laporan harian adalah buku catatan yang dikomunikasikan oleh kepala departemen hotel untuk memberi tahu manajer tentang peristiwa penting yang terjadi di semua departemen setiap hari. Jika masalah atau keluhan terlalu besar untuk mereka tangani, atau tidak bisa menunggu, manajer umum menanganinya sesegera mungkin. Dia kadang-kadang dapat dipanggil di tengah malam di rumah selama jam non-kerja jika ada keadaan darurat. Beberapa tinggal di situs, tetapi tidak semua melakukannya.

Manajer hotel mencoba mengadopsi tren industri ke dalam fasilitas mereka.

Hari kerja seorang manajer sering kali dimulai dengan pertemuan dengan kepala departemen untuk membahas entri dalam laporan harian. Diskusi tidak hanya tentang masalah staf atau keluhan tamu, tetapi juga tentang pendapatan dan keuntungan. Dia dapat mendelegasikan tugas atau tujuan baru kepada staf selama pertemuan ini.

Meskipun supervisor departemen biasanya mempekerjakan atau memecat mereka yang melapor kepada mereka, manajer hotel akan memiliki otoritas pengambilan keputusan akhir baik dalam perekrutan dan pemecatan semua staf. Pemasaran dan promosi hotel juga merupakan bagian lain dari pekerjaan, meskipun seorang manajer dapat mendelegasikan beberapa proyek promosi dan periklanan kepada manajer meja depan.

Scroll to Top